Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
Beautydoozy

5 Tanda Kamu Punya Kulit Sensitif Selain Gampang Kemerahan

Kintan Lestari,
6 hari yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
5 Tanda Kamu Punya Kulit Sensitif Selain Gampang Kemerahan
Image: Freepik

Jakarta - Setiap orang punya jenis kulit yang berbeda-beda. Ada yang jenis kulitnya kering, berminyak, sampai sensitif. Dan semua jenis kulit punya masalahnya masing-masing.

Namun yang paling terasa bermasalah tampaknya adalah pemilik kulit sensitif. Pasalnya salah menggunakan skincare, kulit langsung iritasi, seperti muncul ruam atau kemerahan.  Tapi apa sih kulit sensitif itu? Dan apa saja tanda-tandanya? 

Melansir DermNet NZ, kulit sensitif biasanya digunakan untuk menggambarkan kulit dengan toleransi minim terhadap aplikasi kosmetik dan produk perawatan pribadi.

Kulit sensitif umumnya ditandai dengan kulit yang mudah iritasi. Tapi selain iritasi, rupanya masih ada tanda lain loh yang menunjukkan kalau kulitmu sensitif. Apa saja?

1. Kulit Reaktif

1615860255-skincare---freepik-cookie-studio.jpgSumber: Perawatan kulit/Freepik by Cookie Studio

Buat yang belum tahu nih apakah kulitmu sensitif atau tidak, coba perhatikan produk perawatan kulit atau kulit, dan produk rumah tangga yang kamu pakai sehari-hari. Apakah produk tersebut menyebabkan kulit bereaksi dengan muncul rasa gatal, kering, atau memerah. Selain itu, paparan dingin, sinar matahari, dan angin juga dapat memicu flare.

2. Kulit Kering

1613437992-kering---freepik-ksandrphoto.jpgSumber: Ilustrasi kulit kering. (Freepik/ksandrphoto)

Bukan cuma pemilik kulit kering aja nih yang kulitnya kering. Ternyata kulit kering juga bisa jadi tanda kalau kulitmu sensitif loh. Kombinasi kulit kering dan sensitif ini bisa menyebabkan breakout dan kulit pecah-pecah, terutama ketika cuaca dingin.

3. Sering Muncul Ruam

acne-1606765_1280.jpgSumber: ilutrasi kulit sensitif (Pixabay)

Reaksi yang muncul pada kulit sensitif di antaranya ruam merah, kering, bersisik, atau bumpy saat terkena pemicunya, yang mana salah satunya adalah krim wajah yang tertinggal di kulit. Kalau krim wajah tidak cocok, kemungkinan akan muncul ruam dengan sangat cepat setelah kontak berlangsung. Ruam bisa membuat tidak nyaman, tidak enak dilihat, dan membandel. 

4. Mudah Terbakar Matahari

1594462544-perawatan-kulit-sensitif.jpgSumber: Freepik

Kulit sensitif lebih rentan terhadap sinar matahari. Dan itu bisa menyebabkan kulit iritasi, terkelupas, bahkan sampai terbakar. Cara menanggulanginya tentu saja dengan menggunakan sunscreen. 

Sayangnya karena kulitmu sensitif, maka harus selektif dalam memilih tabir surya karena beberapa bahan dapat menyebabkan reaksi alergi. Carilah sunscreen yang mengandung zinc oxide atau titanium dioxide, broad-spectrum, dan memiliki SPF 30 atau lebih tinggi.

5. Gampang Breakout

1594462418-memicu-iritasi.jpgSumber: Freepik

Kulit sensitif dan kering harus menghasilkan minyak ekstra guna menanggulangi kurangnya kelembaban kulit. Akibatnya pori-pori mudah tersumbat sehingga muncullah jerawat. Solusinya cukup cuci muka dua kali sehari dengan pembersih yang lembut dan tidak menyebabkan iritasi. 

Itu dia 5 tanda kulitmu sensitif, Urbanreaders. Dari tanda-tanda yang sudah disebut di atas, apa kulitmu masuk ke tipe kulit sensitif?

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait