beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URguide

5 Tanda Kamu Sudah Sembuh dari Trauma Masa Lalu

5 Tanda Kamu Sudah Sembuh dari Trauma Masa Lalu
Image: Pexels

Jakarta - Sembuh dari trauma masa lalu yang terus menghantui bukanlah suatu hal yang mudah bagi sebagian orang. Tak sedikit yang membutuhkan waktu hingga bertahun-tahun untuk sembuh dari luka masa lalu.

Terlebih lagi jika kejadian saat itu meninggalkan luka batin yang mendalam. Masing-masing orang memiliki tingkat kesulitan berbeda untuk keluar dari lingkaran menyakitkan itu. Bahkan banyak yang menggunakan jasa bantuan profesional.

Namun ketahuilah bahwa proses healing ini akan berjalan cukup panjang dan membutuhkan kesabaran yang ekstra untuk membawa kembali ketenangan dalam diri. Lalu seperti apa sih tanda jika kamu sudah berhasil bangkit dari trauma itu? Yuk simak ulasan singkat di bawah ini.

1. Kamu sudah mengenal diri sendiri

Dalam proses healing baik itu dengan bantuan profesional maupun tidak tentu kamu akan belajar untuk lebih mengerti apa yang sebenarnya menjadi keinginanmu, bagaimana cara mendapatkannya, bagaimana cara menerima keadaan, dan masih banyak lagi. Proses ini akan membawamu lebih jauh untuk mengenal diri sendiri. 

Hasilnya, kamu sudah paham bagaimana perasaan serta emosi yang hadir di keseharianmu. Kamu akan membiarkan perasaan itu mengalir begitu saja tanpa ada penolakan. Jika kecewa kamu akan membiarkan diri untuk sedih dan merasakannya, dan sebaliknya saat bahagia kamu akan tertawa lepas.

2. Kamu memiliki batasan dan menghargai batasan orang lain

Momen penting saat proses menyembuhkan trauma yang menghantui adalah ketika kamu sudah mulai bisa menerima kondisi yang pernah dan sedang terjadi. Memang tidak semudah yang dibayangkan, namun kamu akan belajar seiring berjalannya waktu.

Kamu akan memahami bahwa tidak semua hal bisa kamu kontrol, terutama tentang kebahagiaan orang lain maupun perilaku orang lain. Sehingga kamu akan fokus pada apa yang bisa kamu kontrol seperti melakukan apa yang bisa membuatmu bahagia.

3. Kamu menghargai diri sendiri

Seringkali ketika berjuang sembuh, kamu merasa bahwa kamu hanya diam di tempat, tidak berkembang, atau bahkan usaha yang dilakukan seakan tidak ada hasilnya. Padahal, mengapresiasi diri sendiri atas sekecil apapun usaha yang telah dilewati adalah hal yang penting untuk melawan luka masa lalu. 

Jadi tidak ada salahnya untuk terus menghargai setiap langkah kecil yang sudah ditempuh. Sehingga apapun dan bagaimana pun bentuknya, sebesar apa pencapaiannya kamu akan tetap memberikan apresiasi terhadap hal tersebut. Kadang hal sederhana ini sangat dibutuhkan namun banyak yang tidak menyadarinya.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait