Hot News

Jakarta - Pertengkaran dan perselisihan adalah hal yang wajar terjadi pada setiap pasangan. Ketika konflik sudah berhasil diredam atau ketemu jalan keluarnya, masalah pun biasanya beres. Pihak yang bersalah seharusnya meminta maaf, dong!

Tapi, ada juga loh, orang yang meminta maaf hanya biar urusan cepet kelar dan nggak harus bertengkar berkepanjangan. Cara ini sah-sah aja sih sebenarnya, asalkan poin kesalahan udah disadari. Tapi benarkah semua permintaan maaf tulus?

Nah, biar masalah nggak terulang lagi, kamu mesti tahu tanda-tanda permintaan maaf pacar yang nggak tulus. Apa aja tandanya? Yuk, simak ulasannya, guys!

1. Nggak Paham Duduk Permasalahannya

1598927384-nggak-paham.jpgSumber: Freepik

“Ya udah, aku minta maaf.” Waktu pasangan bilang ini, mesti dicek lagi, guys. Minta maaf untuk apa? Pancing dia untuk menjelaskan apa alasan dia melakukan hal yang menyakitimu. Kalau dia nggak bisa menjelaskan alasannya, artinya dia nggak benar-benar ngerti duduk permasalahannya.

Kebiasaan seperti ini cuma bakalan memunculkan masalah yang sama di kemudian hari. Kamu perlu menjelaskan apa yang mengganggu pikiranmu dan apa yang menurutmu menjadi inti permasalahannya. Jadi, pasangan bisa memperbaiki diri ke depannya.

2. Lebay

1598927391-lebay.jpgSumber: Freepik

Minta maaf dengan cara yang berlebihan seperti berlutut, memohon-mohon, atau drama di depan umum, biasanya adalah tanda bahwa permintaan maaf itu nggak tulus.

Apalagi jika masalahnya nggak terlalu serius. Ia melakukan itu supaya mengambil hatimu aja dan kamu segera mengakhiri pertengkaran yang bikin dia merasa terpojok.

3. Playing Victim

1598927399-playing-victim-(1).jpgSumber: Freepik

Duh! Kebiasaan yang satu ini bikin emosi banget. Orang yang nggak tulus meminta maaf biasanya malah bersikap seperti dia yang jadi korbannya. Seolah-olah, dialah yang lebih terluka dan menderita dari situasi itu.

Pasangan melakukan ini agar kamu merasa kasihan dan berempati sama dia. Jangan sampai termakan bujuk rayunya, guys. Kamu mesti tegaskan apa yang menjadi masalah utamanya dan di mana letak kesalahan dia.

4. Nggak Mau Bahas Permasalahan

1598927409-gak-mau-bahas.jpgSumber: Freepik

Pasangan yang baik ingin menyelesaikan masalah, bukan menghindarinya. Jadi, minta maaf saja tidak cukup.

Masalah bisa dikatakan selesai kalau sudah terjadi kesepakatan dan sudah ketemu jalan keluarnya. Pasangan yang minta maaf lalu nggak ingin kamu bahas lagi hal ini sampai kamu lega, biasanya karena nggak benar-benar menyesal atau merasa bersalah.

5. Sikapnya Nggak Berubah

1598927421-gak-berubah.jpgSumber: Freepik

Permintaan maaf tanpa diikuti dengan perubahan sikap yang positif, artinya sama juga bohong, lah. Karena itu, kamu mesti memerhatikan juga apakah ada perubahan tingkah laku dari pasanganmu sesudah dia minta maaf.

Minimal, dia memperlakukanmu dengan lebih baik, lebih sayang, dan lebih menghargai perasaanmu.


Loading ..