Hot News

Jakarta - Bermain game online memang sering bikin lupa waktu. Apalagi saat game lagi seru-serunya atau berhasil mencapai level yang tinggi. Rasa penasaran bakalan terus ada dan ingin menyelesaikan semua tantangannya, termasuk mengalahkan lawan main. Kalau sudah seperti ini, tak heran kalau game online bisa bikin kecanduan.

Sebagai sebuah hobi, bermain game tentunya sah-sah saja untuk dilakukan. Tapi kalau game sudah menguasai seluruh kehidupan dan aktivitas, bikin lupa waktu, dan menunda banyak hal penting, ini sih namanya sudah mengarah ke kecanduan, guys. Apakah pacar kamu juga mengalami hal semacam ini? 

Nah, biar nggak terkena efek buruk bermain game online, hindarkan pacar kamu dari kecanduannya bermain game dengan cara-cara berikut ini.

1. Ajak Pacar Melakukan Hobi yang Lain

1592964264-pacaran-sama-brondong4.jpgSumber: Bermain gitar bersama pasangan (Freepik)

Selain bermain game, tentunya pacar kamu memiliki kesukaan yang lain, kan? Berikan dorongan untuk pacar menekuni hobinya yang lain yang lebih membuatnya aktif bergerak. 

Kamu juga bisa mengajak dia berolahraga bareng, hiking, atau sekadar jalan-jalan sore di taman. Kegiatan semacam ini juga bisa membuatnya istirahat dari layar gawai yang bisa mengganggu kesehatannya.

2. Buat Perjanjian

1595660797-mendukung-punya-pacar.jpgSumber: Ilustrasi pasangan (Freepik)

Bermain game boleh saja. Tapi, buatlah perjanjian tentang waktu dan durasi dia bisa bermain game setiap minggunya. Ajaklah pacar untuk memegang komitmen ini meski kamu nggak bisa selalu mengontrol apakah dia benar-benar berhenti bermain game saat kalian tidak sedang bersama. Ini juga salah satu bentuk latihan berkomitmen sebelum kalian membuat komitmen yang lebih serius dalam hubungan.

3. Bikin Dia ‘Sibuk’

1592964065-pacaran-sama-brondong2.jpgSumber: Jalan-jalan dengan pasangan (Freepik)

Saat kamu lagi berduaan dengan pacar dan perhatiannya tak bisa lepas dari game dan gawai, kamu bisa membuatnya ‘sibuk’ dengan kehadiranmu. Misalnya, ajaklah pacar berdiskusi tentang suatu topik, minta tolong dia mengerjakan sesuatu, atau ajak dia jalan-jalan tanpa ada jeda di mana dia bisa menyendiri dan kembali pada game-nya.

4. Komunikasikan Keinginanmu

1592877319-pacar-kurang-peka2.jpgSumber: Komunikasi dengan pasangan (Freepik)

Sampaikan kekhawatiran dan penilaianmu bahwa pacar sudah mulai kecanduan bermain game. Tunjukkan juga fakta-fakta yang mendukung pendapatmu itu, seperti berapa lama dia bermain game setiap harinya, pekerjaan atau tugas apa saja yang sudah terbengkalai, dan agenda hariannya yang berantakan karena waktu yang tidak teratur lagi. Lalu, komunikasikan keinginan kamu dengan baik-baik untuk memotivasi dia mengurangi waktu bermain game-nya.  

5. Ubah Kebiasaan yang Bikin Dia Bermain Game

1595385896-memasak.jpgSumber: Memasak bareng pasangan (Freepik)

Kadang kala, pacar lebih memilih bermain game ketimbang berinteraksi denganmu karena tidak ada hal khusus untuk dilakukan. Dengan kata lain, daripada bengong sendiri, mending main game atau main ponsel. Karena itu, kamu juga bisa membantu mengurangi kecanduannya dengan mengubah kebiasaanmu saat bersamanya. 

Kamu sebaiknya menghindari kebiasaan ikut menonton game yang dimainkan, tidak berbicara atau melakukan sesuatu, atau membiarkannya mengabaikanmu. Sebaliknya, kamu mesti menyatakan pendapatmu bahwa kamu merasa keberatan dengan kebiasaannya. Selain itu, bantulah pacar untuk membuat agenda hariannya agar lebih produktif, dengan memberikannya to-do list.

 

Komentar

Loading ..