beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URstyle

5 Tempat Wisata Dekat Bandara Internasional Juanda, Sidoarjo

Hanisa Sutoyo,
3 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
5 Tempat Wisata Dekat Bandara Internasional Juanda, Sidoarjo
Image: Bandara Internasional Juanda (Foto: Pinterest/Cool Wallpaper)

Sidoarjo – Kota Sidoarjo menyimpan sejumlah destinasi wisata menarik yang bisa kamu kunjungi ketika berlibur ke wilayah Jawa Timur loh. Terlebih jika kamu mendarat di Bandara Internasional Juanda

Letaknya yang dekat dengan bandara, membuat kamu bisa menyempatkan diri untuk pergi ke sejumlah tempat ini ketika baru sampai. Kira-kira ada tempat apa saja ya? 

Untuk mengetahuinya, yuk simak daftar tempat wisata dekat Bandara Internasional Juanda berikut ini!

1. Kampoeng Batik Jetis

1657006228-Kampoeng-batik-jetis.jpgSumber: Kampoeng batik jetis (Foto: Instagram/_fotocopy_)

Seperti sejumlah daerah lainnya di Indonesia, ternyata Sidoarjo juga memiliki kain batik khasnya sendiri loh, Urbanreaders. Nah, jika ingin melihatnya, kawasan Kampoeng Batik Jetis ini menjadi pilihan yang pas.

Berlokasi di Jalan Diponegoro, Lemahputro, Kota Sidoarjo, kawasan ini menyediakan berbagai kain batik dengan sejumlah motif yang bisa kamu jadikan sebagai oleh-oleh untuk sanak saudara. 

2. Museum Mpu Tantular

1657006267-Museum-Mpu-Tantular.jpgSumber: Museum Mpu Tantular (Foto: Instagram/dolordarjo)

Bagi kamu yang suka dengan wisata sejarah dan ingin menambah wawasan, tempat wisata yang satu ini akan sangat cocok untuk kamu kunjungi nih. 

Berjarak sekitar 12 km dari Bandara Internasional Juanda, atau tepatnya di Jalan Raya Buduran–Jembatan Layang, kota Sidoarjo, Museum Mpu Tantular merupakan museum sejarah satu-satunya yang ada di wilayah ini loh. 

Tempat ini beroperasi setiap Selasa–Minggu mulai pukul 08.00 WIB hingga 15.00 WIB. Ketika ke sini, kamu akan dikenakan biaya tiket masuk yang cukup terjangkau, yakni sebesar Rp 4.000 per orangnya. 

3. Monumen Jayandaru

1657006400-Monumen-Jayandaru.jpegSumber: Monumen Jayandaru (Foto: Pinterest/Fahmi Setiawan)

Monumen Jayandaru ini terletak berdekatan dengan Alun-Alun Kota Sidoarjo nih, Urbanreaders. Jadi, jika ke sini, kamu bisa mendatangi dua tempat wisata sekaligus.

Lokasinya yang berada di pusat kota, memudahkan kamu untuk menemukannya. Selain itu, jarak tempuh dari bandara pun terbilang cukup dekat, yakni sekitar 14 km atau sekitar 30 menit menggunakan kendaraan umum.

Karena letaknya yang strategis, menjadikan lokasi ini sebagai tempat berkumpul warga setempat, sehingga kamu bisa dengan mudah menemukan berbagai jenis makanan khas Jawa Timur. 

4. Kawasan Pemancingan Delta Fishing

1657006470-Delta-fishing.jpgSumber: Kawasan Pemancingan Delta Fishing (Foto: Instagram/dolordarjo)

Secara geografis, Kota Sidoarjo memang berdekatan dengan pesisir pantai nih, Urbanreaders. Jadi, tak heran jika kamu menemukan sejumlah lokasi pemancingan di dekat bandara. Salah satunya Delta Fishing ini.

Berjarak sekitar 8 km dari bandara, tempat ini terletak di Desa Prasung, Kecamatan Buduran, Sidoarjo. Selain dapat memancing dengan puas, disini kamu juga bisa menikmati wahana outbound yang cukup luas loh. 

Untuk datang kesini, kamu harus menyediakan budget sebesar Rp 5.000 untuk tiket masuk per orangnya, dan Rp 5.000 hingga Rp 20.000 untuk menikmati sejumlah wahana. Tempat wisata ini buka setiap hari mulai pukul 09.00-16.00 WIB ya.

5. Wisata Mangrove Gunung Anyar 

1657006530-Mangrove-Gunung-Anyar.jpgSumber: Mangrove Gunung Anyar (Foto: Instagram/drenieukeyutaka)

Untuk kamu yang ingin menikmati wisata alam, bisa datang langsung ke kawasan wisata Mangrove Gununng Anyar yang berlokasi di Jalan Medokan, Sawah Timur Segoro Tambak Sedati, Medokan Ayu, Kecamatan Rungkut, Kota Surabaya.

Meskipun letaknya sudah masuk wilayah Kota Surabaya, hutan mangrove ini masih cukup dekat dengan bandara loh, yakni berjarak sekitar 10 km. 

Beroperasi setiap hari mulai pukul 07.00-17.00 WIB, disini kamu tidak akan dikenakan biaya tiket masuk, melainkan biaya parkir saja. Selain itu, tersedia fasilitas seperti gazebo, musala, toilet, hingga menara pandang setinggi 12 meter yang bisa dijadikan sebagai spot foto. 

Nah, itulah lima tempat wisata yang dekat dengan Bandara Internasional Juanda. Menarik bukan? Jadi, yuk berkeliling Kota Sidoarjo!

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait