beautydoozy skinner
urbanasia skinner
Beautydoozy

5 Tips Bikin Makeup Kamu Sweatproof

Kintan Lestari,
17 Juni 2022 18.47.26 | Waktu baca 2 menit
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
5 Tips Bikin Makeup Kamu Sweatproof
Image: Ilustrasi makeup sweatproof di cuaca panas. (Freepik/svetlanasokolova)

Jakarta - Merias wajah lumayan menyita waktu. So, kamu nggak pengen kan hasil riasanmu luntur karena keringat? 

Tenang, kamu bisa kok mencegah riasan kamu luntur kok meski cuaca lagi panas banget. Bagaimana caranya supaya makeup tetap awet? Penata rias yang berbasis di New York, Molly Fredenberg akan berbagi tips membuat makeup sweatproof. 

1. Mulai dengan Minimal Skincare Routine Pagi Hari

1592386342-skin-care.jpgSumber: Ilustrasi skincare. (Freepik)

Tips pertama yang bisa dilakukan untuk membuat makeup sweatproof adalah dengan memakai skincare minimalis yang bikin kulit tidak terasa berat. Fredenberg menyarankan untuk menghindari memakai pelembab yang teksturnya kental. Menurutnya lebih baik pakai pelembap yang formulanya ringan.

Semakin sedikit produk yang digunakan, semakin baik riasan bertahan sepanjang hari. Rutinitas perawatan kulit yang bagus dan sederhana di pagi hari di antaranya membersihkan wajah, mengoleskan serum Vitamin C dan pelembab, lalu pakai SPF. Setelah mengoleskan skincare dan SPF, diamkan selama beberapa menit sebelum mulai makeup.

2. Jangan Lupa Pakai Primer

1645077454-primer-makeup.jpgSumber: Ilustrasi primer makeup. (Freepik/stockshakir)

Memakai primer sebelum foundation adalah kunci agar riasan tahan lama dan tidak luntur oleh keringat. Primer ada banyak jenisnya, maka dari itu pilihlah yang menyediakan formula waterproof.

3. Pakai Produk Waterproof

1653369053-foundation-matte.jpgSumber: Ilustrasi foundation. (Freepik/etonastenka)

Supaya makeup kamu sweatproof, maka kamu perlu memakai produk yang waterproof atau water resistant. Jadi pilihlah foundation, concealer, maskara, bahkan eyeliner yang waterproof supaya riasan tidak mudah luntur.

4. Siapkan Blotting Paper

1643946858-blotting-paper.jpgSumber: Ilustrasi blotting paper. (Freepik/makistock)

Blotting paper (kertas penyerap) bisa menjadi teman terbaik buat kamu yang sering berkeringat. Produk ini hebat dalam menyerap kilau, minyak, dan keringat sehingga menjaga makeup tetap on point. Alih-alih menyeka wajah dengan tisu, baiknya gunakan kertas penyerap dan tekan ringan pada kulit saat keringat atau minyak muncul. Blotting paper juga ringkas sehingga muat di mana saja dan mudah dibawa-bawa. 

5. Gunakan Setting Spray

1605150898-setting-spray.jpgSumber: Freepik

Tips terakhir untuk membuat riasan sweatproof adalah dengan mengunci makeup dengan setting spray. Menurut Fredenberg, setting spray membuat segel pelindung untuk riasan wajah. Produk ini juga membantu melembutkan tampilan bedak atau tekstur berlebih.

Itu dia Urbanreaders 5 tips membuat makeup sweatproof di cuaca panas. Semoga informasinya bermanfaat untukmu!

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait