Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URguide

5 Tips Memulai Bisnis Sampingan saat Masih Kerja

Indi Lusiani,
3 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
5 Tips Memulai Bisnis Sampingan saat Masih Kerja
Image: Ilustrasi bisnis sampingan (Freepik)

Jakarta – Bisnis sampingan bisa menjadi cara yang tepat untuk menambah penghasilan seseorang. Tetapi, jika seseorang masih menjadi pegawai di sebuah perusahaan, mungkin bisnis sampingan ini bisa jadi penghalang baginya apalagi dalam memulai.

Namun kali ini Urbanasia akan memberikan tips-tips memulai bisnis sampingan saat masih bekerja, simak penjelasannya berikut ini.

1. Ketahui kontrak kerja perusahaan

1603202691-karyawan-baru3.jpgSumber: Ilustrasi karyawan baru. (Freepik)

Saat ingin memulai bisnis sampingan dan masih terikat kontrak dengan perusahaan lain, kamu harus memastikan bahwa usahamu tidak melanggar aturan apa pun yang dapat menyebabkan masalah.

Kamu bisa memverifikasi setiap dokumen yang memiliki tanda tanganmu di kontrak kerja untuk mengetahui hak-hak kamu, batasan yang diberlakukan pada bisnis, atau bahkan menafsirkan hukum tertulis yang masih samar-samar.

Jangan takut untuk menghubungi perusahaan kamu untuk mengklarifikasi keraguan sebelum memulai bisnis. Jangan sampai kamu melanggar kebijakan perusahaan dan terjebak dalam pelanggaran kontrak.

2. Temukan ide bisnis sampingan

1618462755-tips-wfh-selama-ramadan---freepik-eakkachahalang.jpgSumber: Ilustrasi work from home (WFH) (Freepik/eakkachahalang)

Jika tips sebelumnya sudah aman, langkah selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah mencari ide bisnis. Menemukan Ide bisnis bukanlah hal yang mudah, dan seringkali menjadi penghambat saat ingin memulai bisnis sampingan.

Untuk menemukan ide bisnis yang sesuai, kamu bisa mencobanya dengan membuat daftar skill dan passion yang kamu miliki.

Setelah itu cocokan dengan ide bisnis yang sesuai. Dengan memilih bisnis yang sesuai skill dan passion, bisnis sampingan yang kamu jalani akan terasa mudah dan menyenangkan.

3. Sisihkan gaji untuk modal awal

1627719071-ilustrasi-WFH-Pixabay-Free-Photos.JPGSumber: Ilustrasi WFH. (Pixabay/Free-Photos)

Keuntungan yang kamu miliki untuk memulai bisnis sampingan ketika sudah bekerja adalah adanya gaji bulanan yang bisa kamu sisihkan untuk menabung, investasi, dan modal bisnis.

Jika kamu memulai bisnis sampingan dengan dana sendiri, kamu bisa lebih leluasa mengetes dan memperbaiki ide bisnis kamu nantinya.

Idealnya, tentukan dulu besaran modal yang dibutuhkan ide bisnis sampingan kamu. Besaran ini dapat diperoleh dengan membuat laporan arus kas sederhana yang menggambarkan estimasi pemasukan dan pengeluaran bisnis kamu.

4. Tentukan target

1614346632-tips-wfh---freepik-gpointstudio.jpgSumber: Ilustrasi Work From Home. (Freepik)

Bisnis sampingan yang sukses adalah bisnis yang memiliki target dan objektif yang spesifik. Jangan jadikan bisnis sampingan ini hobi kamu belaka. Tentunya, sebuah hobi bisa kita lakukan dan tidak berdasarkan mood dan keinginan kita. Tidak begitu dengan bisnis.

Buat kamu yang kuliah jurusan manajemen, mungkin sudah familiar dengan istilah SMART (Specific, Measurable, Attainable, Realistic, TImely). Sekarang saatnya kamu memakai framework tersebut untuk memulai bisnis sampingan kamu sendiri.

5. Promosi

1613641031-WFH-2557576-1280.jpgSumber: Ilustrasi WFH. (Pixabay/StockSnap)

Setelah bisnis sampinganmu berjalan, langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah membuat promosi untuk mengenalkan bisnis kamu kepada target pasar. Jangan hanya sekedar menunggu konsumen datang, lakukan promosi yang menarik untuk mendapatkan konsumen.

Misalnya, menggunakan social media untuk menjelaskan mengenai bisnis dan produk yang dijual. Atau, kamu juga bisa memberikan diskon menarik untuk 100 pelanggan pertama, dan masih banyak lagi.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait