Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
Beautydoozy

5 Tips Mengatasi Inferiority Complex di Tempat Kerja

Kintan Lestari,
12 hari yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
5 Tips Mengatasi Inferiority Complex di Tempat Kerja
Image: Ilustrasi inferiority complex. (Freepik/Waewkidja)

Jakarta - Semua orang pasti pernah mengalami fase down dalam hidupnya. Apalagi melihat teman seangkatan yang kelihatannya sudah sukses.

Akibatnya kamu jadi merasa nggak percaya diri, nggak bisa melakukan sesuatu dengan benar, nggak berguna, atau yang dikenal sebagai inferiority complex. Apa sih itu?

Melansir American Psychological Association, inferiority complex atau kompleks inferioritas adalah perasaan tidak mampu dan tidak aman, yang berasal dari kekurangan fisik atau psikologis aktual maupun imajinasi.

Kondisi inferiority complex umum terjadi di tempat kerja. Salah satu penyebabnya ya karena kita membandingkan diri dengan teman kerja dan melihat mereka selalu berhasil dalam pekerjaannya, sementara kita tidak. 

Sebenarnya wajar dalam hidup ini kita membandingkan diri dengan orang lain. Yang tidak wajar dan bisa jadi masalah adalah kalau kamu tidak dapat melepaskan rasa rendah diri itu.

So, bagaimana cara menanggulangi perasaan inferiority complex? Berikut cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi perasaan inferiority complex yang kamu rasakan.

1. Jadikan Perbandingan sebagai Inspirasi

1598833036-rekan-kerja-baperan.jpgSumber: Ilustrasi rekan kerja. (Freepik)

Sangat wajar untuk membandingkan diri dengan rekan kerja Anda. Sayangnya kita sering membandingkan diri dengan orang lain sampai-sampai merasa iri, cemas, dan frustrasi. Baiknya jadikan perbandingan itu sebagai inspirasi.

Fokus pada kekuatanmu yang membuat kamu diterima bekerja di tempat tersebut. Ini dapat membantu untuk merestrukturisasi pola pikir negatif karena membandingkan diri dengan rekan kerja. 

2. Jangan Terlalu Keras pada Diri Sendiri

1640676135-selflove-1.jpgSumber: Ilustrasi mencintai diri sendiri. (Freepik/wayhomestudio)

Kamu memang ingin melakukan yang terbaik, tapi tidak perlu bersikap keras pada diri sendiri. Praktekkan self care dan cintai dirimu sendiri. Bersikap baiklah kepada diri sendiri. Jangan berharap kamu akan berubah dalam semalam. Beri dirimu sendiri waktu untuk healing.

3. Berhenti Khawatir dengan Anggapan Orang Lain

1638506732-cemas.jpgSumber: Ilustrasi Cemas Berlebih (Freepik: wayhomestudio)

Salah satu penyebab utama kompleks inferioritas adalah karena kamu terus-menerus memikirkan apa yang dipikirkan orang lain. Pisahkan diri kamu dari penilaian mereka. Pada akhirnya pendapat kamu tentang dirimu yang penting. Ketika kita merasa baik tentang diri kita sendiri, orang lain juga akan merasa baik tentang diri kita sendiri.

4. Self Talk

1613978524-pexels-photo-774866.jpeg-bahagiakan-diri-sendiri-pixabay-by-andrea-piacquadio.jpegSumber: Ilustrasi mencintai diri sendiri. (Pixabay/Charlottemay)

Latih self-talk yang positif. Pujilah dirimu untuk semua sifat baik yang kamu miliki atau sudah dilakukan. Orang yang memiliki inferiority complex cenderung melakukan self talk negatif pada diri mereka sendiri. Jadi cobalah untuk mengubahnya dengan melakukan self talk yang positif.

5. Kelilingi Diri dengan Orang Positif

1638432318-foto-4.jpgSumber: Ilustrasi Rekan Kerja (Freepik)

Salah satu alasan muncul perasaan rendah diri yang kamu alami mungkin terkait dengan orang-orang di sekitarmu. Semua itu bisa saja karena anggota keluarga, teman-teman, saudara, atau kolega di kantor yang selalu menjatuhkanmu. 

Kalau sumber masalah memang dari orang sekitarmu yang negatif, coba tempatkan dirimu di sekitar orang-orang yang suportif dan positif yang mengingatkan kamu tentang bagaimana seharusnya kamu memperlakukan diri sendiri.

Itu dia Urbanreaders beberapa cara yang bisa kamu lakukan mengatasi perasaan inferiority complex. Semoga kamu bisa menaklukkannya ya!

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait