menu
user
URguide

5 Tips Tetap Profesional Selama Meeting Online

Itha Prabandhani,
sekitar 2 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
5 Tips Tetap Profesional Selama Meeting Online
Image: Ilustrasi meeting online/Freepik:Ake1150

Jakarta - Meeting online sudah menjadi ‘menu harian’ kita selama satu tahun terakhir ini. Bahkan, dalam sehari, kita nggak cuma melakukan meeting online sekali. Meeting marathon pun sudah menjadi biasa untuk dilakukan.

Kamu pastinya setuju kan bahwa meeting online bisa sangat melelahkan dan menguras energi? 

Hal ini karena kamu dituntut untuk lebih berkonsentrasi dengan orang yang sedang berbicara, menatap layar komputer cukup lama, belum lagi drama masalah koneksi internet.

Namun, mau nggak mau memang seperti itulah cara kita bekerja saat ini. Jadi, kita sendiri yang mesti pandai-pandai mengatur siasat agar meeting online tetap berjalan lancar dan pekerjaan terselesaikan dengan baik. 

Dengan begitu, kamu bisa tetap produktif dan profesional selama WFH.

Menjaga profesionalitas dalam bekerja selama WFH, bisa kamu tunjukkan salah satunya dengan sikap saat meeting online, guys. Berikut beberapa tips dari Urbanasia yang bisa kamu coba.

1. Pakai Baju Formal

1614049847-baju-formal---freepik-yanayla.jpgSumber: Ilustrasi meeting online/Freepik:yanayla.

Meski bekerja dari rumah, gunakan baju formal atau baju kerja selama meeting online, meski hanya baju bagian atas, ya?  Tetap ikuti etiket pakaian kerja di kantormu, misalnya berbaju batik pada hari Jumat, atau menggunakan seragam.

2. Jaga Kontak Mata

1614049859-kontak-mata---freepik-pressfoto.jpgSumber: Ilustrasi meeting online/Freepik:pressfoto.

Berbicara melalui media online sama pentingnya dengan berbicara langsung, guys. Karena itu, jaga kontak mata dengan orang yang sedang berbicara atau mempresentasikan sesuatu. 

Fokuskan pandangan sebagai tanda kamu memperhatikan mereka. Jika kamu perlu meninggalkan tempat sejenak selama meeting berlangsung, tinggalkan pesan di kolom chat dan matikan kamera selama kamu tidak berada di depan komputer.

3. Bicara dengan Bahasa Tubuh

1614049739-bahasa-tubuh---freepik-master1305.jpgSumber: Ilustrasi meeting online/Freepik:Master1305

Saat kamu yang harus berbicara, perhatikan bahasa tubuhmu, seperti halnya saat kamu berbicara dengan orang lain secara langsung. 

Gunakan gerakan tangan, ekspresi wajah, maupun gerakan tubuh, agar kamu terlihat lebih antusias dan ‘hidup’. 

Atur komputer kamu dengan jarak yang memungkinkan lawan bicara bisa melihat bagian atas dari tubuhmu. Bahasa tubuh juga dapat membantu menjelaskan maksud kamu dengan lebih baik.

4. Jaga Postur Tubuh

1614049870-postur---freepik.jpgSumber: Ilustrasi meeting online/Freepik

Selama meeting online, posisikan tubuhmu nyaman namun tetap terlihat tegak. Atur posisi meja dan kursi yang kamu tempati untuk bekerja sehingga kamu bisa menjaga postur yang ideal. 

Hindari duduk menyandar ke belakang, membungkuk, apalagi sambil tiduran. Sebelum meeting online berlangsung, cek dulu bagaimana ‘penampakanmu’ dengan cara tes kamera.

5. Tetap Aktif

1614049730-aktif---freepik.jpgSumber: Ilustrasi meeting online/Freepik

Meski kamu hanya mendengarkan presentasi orang lain, jadilah pendengar yang baik. 

Berikan tanggapan, respons, atau isyarat seperti mengangguk, mengangkat ibu jari, atau sesekali menulis di kolom chat untuk menanggapi apa yang disampaikan si pembicara. 

Hal ini menunjukkan bahwa kamu memperhatikan apa yang tengah dibicarakan dan benar-benar ‘hadir’ dalam meeting tersebut.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait