beautydoozy skinner
urbanasia skinner
Beautydoozy

6 Cara Meningkatkan Self Esteem

Kintan Lestari,
12 April 2022 18.54.57 | Waktu baca 2 menit
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
6 Cara Meningkatkan Self Esteem
Image: Ilustrasi Mencintai Diri Sendiri. (Freepik/@wayhomestudio)

Jakarta - Guys, kalian pernah dengar istilah self esteem? Apa sih artinya self esteem? Self esteem atau harga diri mengacu pada sejauh mana kita mengevaluasi diri kita sendiri secara positif

Ini mewakili seberapa besar kita menyukai atau menghargai diri kita sendiri. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi harga diri, yakni kepercayaan diri, rasa identitas, perasaan memiliki, dan percaya diri dengan kemampuan kamu. 

Dengan demikian, self esteem seseorang bisa rendah, tinggi, atau biasa saja. Kalau seseorang memiliki harga diri rendah, maka orang tersebut bisa merasa tidak aman, kurang motivasi, tak mampu menjawab tantangan dalam hidup, cemas atau depresi, dan dipenuhi pikiran dan perasaan negatif.

Tentu saja perasaan-perasaan negatif tersebut tidak baik. Maka dari itu, kamu perlu meningkatkan perasaan harga dirimu. Bagaimana caranya? Berikut 6 cara meningkatkan self esteem yang bisa kamu lakukan.

1. Berbuat Baik pada Diri Sendiri

1647950220-memaafkan-diri-sendiri.jpgSumber: Ilustrasi memaafkan diri sendiri. (Freepik/user18526052)

Suara kecil yang bergaung dalam kepalamu kalau kamu tidak bisa melakukan yang terbaik jauh lebih kuat dari yang kamu kira. Maka dari itu, berusahalah untuk bersikap baik pada diri sendiri. Coba bicaralah hal-hal baik pada diri sendiri.

2. Tuliskan Hal yang Kamu Suka dari Dirimu

1645682719-foto-4-wlt.jpegSumber: Ilustrasi Jadi Diri Sendiri. (freepik/andreyoskirko)

Coba kamu duduk dan pikirkan apa sifat-sifat yang kamu sukai dari dirimu. Meski rasanya canggung, tapi mengakui keterampilan atau hal-hal yang kamu sukai tentang dirimu dapat meningkatkan self-talk dan meningkatkan pandangan hidupmu. 

3. Berhenti Membandingkan Diri dengan Orang Lain 

1645601545-membandingkan.jpgSumber: Ilustrasi membandingkan diri dengan orang lain. (Freepik/freepic-diller)

Kemajuan dan harga diri kamu tidak boleh dikaitkan dengan kinerja orang lain. Pasalnya akan selalu ada seseorang yang lebih baik dalam sesuatu daripada kamu. Namun itu bukan berarti kamu tidak pandai dalam apa yang kamu lakukan. Jadi setop bandingkan dirimu dengan orang lain.

4. Rayakan Hal-hal Kecil

1620636130-ilustrasi-usia-25-tahun.jpgSumber: Ilustrasi merayakan hal kecil. (Pexels/Cottonbro)

Kadang kita hanya fokus pada hal besar dan melupakan hal kecil. Padahal merayakan hal kecil setiap harinya adalah cara yang bagus untuk membangun kepercayaan diri dan mulai merasa lebih baik tentang diri sendiri.

5. Ingat Semua Orang Pernah Berbuat Kesalahan

1626401812-kesalahan-cancer---freepik-macniak.jpgSumber: Ilustrasi kesalahan. (Freepik/Macniak)

Kamu harus membuat kesalahan supaya bisa belajar dan berkembang. Jadi cobalah untuk tidak menyalahkan diri sendiri ketika apa yang kamu lakukan gagal.

6. Kelilingi Diri dengan Teman yang Suportif

1628750830-Ilustrasi-kedua-sahabat-(Freepikdiana.grytsku).jpgSumber: Ilustrasi kedua sahabat (Freepikdiana/grytsku)

Lingkungan juga mempengaruhi dirimu. Maka dari itu, temukan orang-orang yang membuat kamu merasa nyaman dengan diri sendiri dan menjauhlah dari orang-orang yang cenderung memicu pemikiran negatif dalam kepalamu.

Itu dia Urbanreaders 6 cara meningkatkan self esteem yang bisa kamu lakukan. Semoga informasinya bermanfaat!

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait