beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URedu

6 Jurusan Kuliah yang Memiliki Prospek di Masa Depan

Shelly Lisdya,
lebih dari 1 tahun yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
6 Jurusan Kuliah yang Memiliki Prospek di Masa Depan
Image: Ilustrasi wisuda. (Freepik)

Jakarta - Penerimaan mahasiswa baru akan segera dibuka, jika kamu akan melanjutkan ke perguruan tinggi, sebaiknya kamu bersiap untuk memilih jurusan.

Kamu bisa saja memilih jurusan yang kamu inginkan, tapi sebaiknya kamu juga harus memikirkan jurusan apa yang kamu ambil.

Ini bertujuan untuk mempersiapkanmu di dunia kerja nantinya, karena ada sebagian jurusan yang banyak dibutuhkan di masa depan. Apa aja sih? 

Berikut jurusan kuliah yang dibutuhkan di masa depan yang telah dirangkum Urbanasia dari berbagai sumber.

1. Desain dan Komunikasi Visual

Desain dan Komunikasi Visual atau dikenal dengan DKV merupakan salah satu jurusan yang sangat dibutuhkan di masa depan. 

Banyak perusahaan yang membutuhkan lulusan DKV, tetapi kamu juga harus memiliki skill ya guys. Di jurusan ini, kamu akan mempelajari untuk menyampaikan pesan melalui media dua dimensi, tiga dimensi, dan bahkan multimedia, seperti desain, ilustrasi, fotografi, animasi, desain web, dan lainnya.

2. Teknologi Informasi

Dunia tengah menyiapkan teknologi 5.0, di mana pada masa ini perkembangan teknologi akan semakin maju. Dengan demikian banyak perusahaan nantinya yang akan mencari kandidat yang melek teknologi.

Salah satu jurusan kuliah adalah teknologi informasi, bidang ini juga diterapkan dalam dunia bisnis untuk perdagangan elektronik atau yang kita sebut dengan e-commerce. 

Dalam jurusan teknologi informasi, kamu akan dituntut untuk mempelajari konsep bahasa pemrograman terlebih dahulu dan akan menjumpai mata kuliah seperti matematika dasar, kalkulus, aljabar, dan lainnya. 

3. Teknik

Pembangunan infrastruktur atau pembangunan lainnya akan banyak membutuhkan insinyur. 

Jika kamu ingin menjadi salah satu yang dibutuhkan perusahaan, kamu bisa saja memilih fakultas teknik dengan jurusan seperti Teknik Pertambangan, Teknik Elektro, Teknik Industri, Teknik Mesin, dan masih banyak lainnya

4. Bisnis Digital

Kamu bisa mengambil program studi bisnis digital Urbanreaders. Meski tidak semua kampus memiliki jurusan ini, kamu bisa mencari perguruan tinggi yang ada prodi ini ya.

FYI guys, jurusan ini memiliki rumpun ilmu terapan yang mengaplikasikan proses serta merancang suatu bisnis digital.

Nantinya, kamu akan mendapatkan mata kuliah perpaduan dari bidang ilmu manajemen, ilmu e-commerce, teknik informatika, sistem informasi, dan hukum bisnis. 

Program studi ini untuk mempersiapkan sumber daya manusia yang mumpuni serta menguasai bidang startup digital dan marketplace.

5. Artificial Intelligence dan Teknik Robotika

Artificial Intelligence (AI) merupakan suatu disiplin ilmu komputer yang memiliki pengaplikasian luas untuk mendukung pengambilan suatu keputusan. 

Sedangkan robotika adalah salah satu ilmu yang lahir dari gabungan beberapa ilmu lain seperti komputer, mekanika, dan elektronika.

Program studi tersebut akan berfokus pada pengembangan integrasi antara robotika dan AI untuk menghasilkan suatu sistem yang autonomous atau cerdas.

Sistem tersebut nantinya bakal memiliki banyak manfaat dan kegunaan serta dapat diaplikasikan di berbagai bidang keilmuan. Nah, jika kamu akan mengambil jurusan ini, kamu harus siap untuk kembali belajar matematika dan fisika dasar.

6. Cyber Security

Jika kamu menyukai komputer dan teknologi, kamu bisa memilih program studi Cyber Security. Jurusan ini akan banyak mempelajari bagaimana cara melakukan proteksi berbagai bidang industri.

Jurusan ini juga akan mempelajari proteksi data pemerintah atau individu dari serangan dunia maya ‘cyber attack’.

Mahasiswa yang memilih jurusan ini akan mempelajari materi tentang cyber forensic, data structure, programming, coding, dan network penetration testing.

Nantinya, para lulusan jurusan ini akan memiliki prospek kerja sebagai Computer Forensics Analyst, Big Data Architect, Security Analyst, dan Cyber Intelligence Officer.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait