Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URstyle

6 Khasiat Bawang Putih untuk Kesehatan

Elga Nurmutia,
28 hari yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
6 Khasiat Bawang Putih untuk Kesehatan
Image: Ilustrasi bawang putih. (Freepik/Jcomp)

Jakarta - Bawang putih memiliki sejumlah khasiat dan baik untuk kesehatan. Meskpun begitu, tetap saja tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan. Karena, akan menimbulkan efek samping yang kurang baik bagi tubuh kamu.

Bawang putih ini adalah salah satu rempah yang biasanya dipakai sebagai bahan-bahan memasak di dapur, khususnya di Indonesia. Selain itu, bawang putih ini memberikan cita rasa yang lezat bagi masakan, dan tentunya memiliki khasiat yang baik untuk kesehatan

Kali ini, Urbanasia akan membagikan informasi lengkap mengenai bawang putih. Hal tersebut sudah dirangkum dari berbagai sumber, Senin (27/9/2021).

Sebelum menjelaskan khasiat, kamu perlu mengetahui kandungan yang ada dalam bawang putih (per 100 gram), sebagai berikut:

- Air sebanyak 71 gram 

- Kalori sebanyak 122 

- Protein sebanyak 7 gram 

- Lemak sebanyak 0,3 gram 

- Karbohidrat sebanyak 24,6 gram 

- Kalsium sebanyak 42 mg 

- Fosfor sebanyak 109 mg 

- Besi sebanyak 1,5 mg, dan 

- Kalium sebanyak 377 mg

Adapun sejumlah khasiat bawang putih yang baik bagi tubuh, sebagai berikut:

1. Mengobati Pilek 

1992060663.jpgSumber: Ilustrasi pilek atau flu. (Pixabay)

Bawang putih ini memiliki khasiat untuk dapat mengobati pilek. Hal itu bisa dilakukan jika dicampur menggunakan madu. Kamu cukup menghaluskan tiga sampai empat siung bawang putih. Setelah itu, menambahkan madu sebanyak 450 gram secara perlahan. Konsumsi bawang putih dengan campuran madu tersebut satu sendok makan dalam tiga kali sehari. 

2. Mengurangi Asam Urat 

1608004084-asam-urat.jpgSumber: Ilustrasi asam urat. (Freepik)

Bawang putih diketahui mampu mengurangi penyakit asam urat. Kamu bisa mencoba konsumsi bawang putih jika terkena penyakit asam urat.

3. Menurunkan Darah Tinggi 

1622961767-Hipertensi.jpgSumber: Hipertensi/Freepik by Pressfoto

Rupanya, kandungan darah tinggi bisa diturunkan dengan konsumsi bawang putih. Karena bawang putih mengandung kalium yang memiliki khasiat untuk pengobatan tersebut.

4. Mengatasi Keputihan 

1608772461-keputihan.jpgSumber: Ilustrasi keputihan. (Freepik)

Dalam mengatasi keputihan, bawang putih bisa menjadi salah satu solusi. Kamu cukup mengonsumsi bawang putih yang masih mentah maksimal sehari tiga siung.  

5. Menurunkan Kadar Kolesterol 

1608004526-kolesterol.jpgSumber: Ilustrasi kolesterol. (Freepik)

Kandungan alisin yang tedapat pada bawang putih memiliki khasiat untuk menurunkan kolesterol dan juga lemak yang ada pada tubuh, serta bisa juga untuk menurunkan berat badan. 

6. Mengurangi Diabetes Melitus 

1594993321-komplikasi-diabetes.jpgSumber: Ilustrasi diabetes. (freepik)

Bawang putih ini memiliki kandungan antioksidan yang dapat mengendalikan kadar gula pada darah. Apabila kamu terkena penyakit diabetes melitus atau disebut juga kencing manis, maka disarankan melakukan konsumsi bawang putih dalam mengurangi gejalanya. Kamu cukup konsumsi maksimal sehari tiga siung.

Nah itu dia khasiat dari bawang putih. Semoga bermanfaat bagi Urbanreaders!

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait