Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URtainment

6 Pesan dari Pidato BTS di Sidang Umum PBB ke-76

Griska Laras,
25 hari yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
6 Pesan dari Pidato BTS di Sidang Umum PBB ke-76
Image: BTS bersama Presiden Korsel Moon Jae-in (Foto: Soompi)

Jakarta - Boygrup Korea Selatan BTS kembali mencuri perhatian dunia setelah menyampaikan pidato di Sidang Majelis Umum PBB (United Nation General Assembly) ke-76 di New York.

Satu per satu anggota BTS memberikan sambutan sebagai utusan khusus presiden di bidang generasi muda dan kebudayaan.  

Dalam acara Sustainable Development Goals itu, anggota BTS bicara tentang banyak hal, mulai dari generasi COVID-19, harapan dan tantangan baru, vaksinasi hingga perubahan iklim.

Berikut 6 pesan BTS dalam pidato di Sidang Umum Majelis PBB ke-76.

1. Meluruskan Stigma Generasi Corona

RM, Jin, dan Jimin BTS mencoba meluruskan stigma negatif soal 'Generasi COVID-19'. RM mengatakan dia mendengar banyak orang memanggil anak muda saat ini dengan sebutan 'generasi yang hilang' (lost generations) karena kehilangan arah akibat terbatasnya ruang gerak dan berekspresi akibat pandemi.

"Jika mereka tidak dapat melihat jalan sendiri, bukan berarti mereka tersesat," kata RM.

"Alih-alih tersesat mereka menemukan keberanian baru dan menghadapi tantangan baru melalui ruang virtual," timpal Jimin.

Oleh karena itu, alih-alih menyebut mereka sebagai 'lost generations', Jin menyebut anak-anak muda generasi corona sebagai 'welcome generations' karena terus maju meski dihadapkan dengan banyak tantangan dan perubahan.

"Generasi Corona bukanlah 'generasi yang hilang' (lost generations) tapi istilah yang tepat 'generasi penyambutan' (welcome generations). Karena alih-alih takut akan perubahan, generasi ini mengatakan 'selamat datang' dan terus maju," kata Jin.

2. Tidak Menyerah Meraih Masa Depan

Sementara itu, V BTS meminta anak muda di seluruh dunia untuk tetap semangat dan tidak mudah menyerah.

"Kami harap kamu tidak akan berpikir masa depan kita sebagai kegelapan yang suram," ujar V.

"Masih banyak halaman tersisa dalam cerita ini, jadi aku berharap kita tidak berbicara seperti akhir (kisah ini) seolah-olah sudah ditulis," lanjutnya.  

3. Menghargai momen sederhana

Dalam pidatonya, BTS juga menyampaikan pesan tentang bagaimana perasaan mereka di awal-awal pandemi.

Seperti orang lain, Jungkook merasa bingung dengan masa depan yang tidak jelas. Dia juga sedih mendengar upacara penerimaan dan kelulusan dibatalkan.

"Kami sedih mendengar bahwa wisuda dan acara kelulusan dibatalkan, begitu juga konser kami yang sudah dipersiapkan sejak lama. Tapi kami tetap memilih untuk terus melangkah dan melanjutkan hidup," katanya.  

Biarpun kecewa, Suga menyebut situasi itu mengajarkan mereka untuk menghargai setiap momen yang mereka miliki, tak peduli seremeh apapun itu.

"Ini adalah waktu bagi kita untuk berduka, untuk hal-hal yang diambil Covid-19 dari kita. Sedikit banyak, itu juga waktu yang mengajarkan kita untuk menghargai setiap momen yang selalu kita anggap remeh," kata Suga.

4. Perubahan Iklim

Sementara itu, BTS juga menyinggung soal perubahan iklim yang semakin hari semakin genting. J-Hope meminta audiens menilai pandemi dari sisi lain.

"Ketika manusia sibuk melihat perubahan dalam hidup mereka, sebenarnya ada perubahan yang tak disadari manusia, yaitu bumi," kata J-Hope.

"Kita mungkin semua setuju bahwa perubahan iklim adalah masalah mendesak yang harus ditangani, tapi ini tidak mudah untuk menyepakati apa yang diyakini sebagai tindakan terbaik," sambungnya.

5. Percaya pada Harapan

Suga BTS mengatakan dalam salah satu bagian pidatonya tentang membuat pilihan.

"Ada kalanya pilihan yang kita ambil tidak sempurna, tapi itu bukan berarti tidak ada yang bisa kita lakukan," kata Suga.

RM meminta agar generasi muda yakin pada setiap pilihan yang mereka ambil dan percaya pada harapan.

"Percaya bahwa setiap pilihan yang kami buat adalah awal dari perubahan, bukan akhir," kata RM.

"Jika kita percaya pada kemungkinan dan harapan bahkan ketika hal yang tak terduga terjadi, kita tidak akan kehilangan arah, tapi menemukan (arah) yang baru," lanjutnya.

6.  Pentingnya Vaksinasi

Grup asuhan Big Hit Entertainment itu juga menyebutkan pentingnya mendapatkan vaksinasi COVID-19.

"Mendengar kabar kami datang ke PBB, banyak orang bertanya-tanya apakah kami sudah divaksinasi. Saya akan menggunakan kesempatan ini untuk mengatakan bahwa kami bertujuh telah divaksin," kata J-Hope.

"Vaksinasi seperti tiket untuk bertemu penggemar dan kami dapat berdiri di sini hari ini," timpal RM.

BTS sendiri telah mengunjungi markas besar PBB dua kali. Tapi ini kali pertama RM cs berkunjung sebagai utusan khusus presiden untuk generasi dan budaya masa depan.  

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait