menu
user
URnews

6 Tanda Ramadan Sudah Dekat!

Griska Laras,
15 hari yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
6 Tanda Ramadan Sudah Dekat!
Image: Ramadan 1442 H/Freepik by Baramyou0708

Jakarta - Wah, tak terasa ya, Urbanreaders, Ramadan sudah makin dekat. Bagi umat muslim, Ramadan merupakan bulan yang suci dan penuh berkah. Karena itu, kedatangannya selalu ditunggu-tunggu.

Di Indonesia, negara dengan penganut muslim terbesar, Ramadan selalu disambut dengan meriah.  

Saking meriahnya, sampai ada beberapa hal, entah itu suasana maupun kegiatan, yang jadi pertanda datangnya Ramadan di luar hilal. Penasaran apa saja? Yuk, simak ulasan berikut!

1. Iklan sirup bermunculan

1617699290-Ilustrasi-sirup-pixabay.jpgSumber: Ilustrasi sirup/Pixabay

Urbanreaders, siapa nih yang gemar minum es sirup saat berbuka puasa? Minuman aneka rasa ini jadi salah satu hidangan khas yang disajikan di waktu berbuka. Kalau kamu termasuk orang yang suka nonton TV, pasti udah hapal dong dengan iklan sirup yang seliweran di sela-sela waktu menanti adzan Maghrib?

Nah, beberapa hari menjelang Ramadan, sejumlah produk sirup akan menayangkan iklan bertema puasa. Iklan tersebut biasanya dikemas dalam cerita berseri yang ending-nya ditayangkan saat Hari Raya Idul Fitri.

2. Sale/promo Ramadan

1617697870-Supermarket-Aleksandarlittlewolf.jpgSumber: Supermarket/Freepik by Aleksandar Little Wolf

Mendekati puasa, pasar dan supermarket biasanya akan penuh dengan orang-orang yang belanja kebutuhan pokok. 
Biasanya, supermarket akan berlomba-lomba menawarkan berbagai promo spesial mulai dari buah, bahan pokok, atau parsel aneka snack yang dipajang di dekat pintu masuk. Tak hanya offline store, promo Ramadan juga menjamur di berbagai e-commerce.

3. Banyak yang jual kurma

1617697818-kurma.jpgSumber: Kurma/Freepik

Ciri khas lain yang menjadi tanda Ramadan sudah dekat adalah buah kurma yang dijual di mana-mana. Dari pasar hingga grup chat, kamu akan sering ditawari buah yang dianjurkan untuk dimakan saat berbuka puasa ini.

4.  Munggahan

1617697841-Ilustrasi-makan-bareng-rawpixel.jpgSumber: Ilustrasi makan bareng/Freepik by Rawpixel

Munggahan adalah salah satu budaya umat muslim Indonesia dalam menyambut Ramadan. Tradisi ini biasanya dilakukan di akhir bulan Sya'ban.

Bentuk pelaksanaannya pun berbeda di setiap daerah. Tapi umumnya, hanya berkumpul bersama keluarga, saling bermaafan, serta makan dan berdoa bersama.

5.  Ziarah kubur

1617697957-kuburan.jpgSumber: Ilustrasi makam/Freepik by wirestock

Tradisi lain yang sering dilakukan muslim Indonesia menjelang Ramadan adalah ziarah kubur. Tempat pemakaman umum (TPU) di kota maupun desa akan penuh dengan orang yang berziarah mengunjungi makam orang tua, kerabat, atau saudara untuk mengirimkan doa.

6. Broadcast ucapan selamat puasa dan minta maaf

1617697777-Group-chat.jpgSumber: Ilustrasi Group chat/Freepik by Rawpixel

Beberapa hari sebelum puasa, ponsel kamu akan diserbu dengan chat berisi permintaan maaf dan ucapan selamat puasa. Bentuk ucapannya pun beragam. Ada yang ngucapin pakai kalimat biasa, puisi, hingga pantun. Harus siapin draf mulai dari sekarang nih!

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait