Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URstyle

6 Tips Menjaga Anak Tetap Aman dan Nyaman saat Naik Pesawat

Shelly Lisdya,
2 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
6 Tips Menjaga Anak Tetap Aman dan Nyaman saat Naik Pesawat
Image: Ilustrasi Anak Kecil di Pesawat. (Pinterest/Solo Mom Take Flight)

Jakarta - Awal pekan ini, maskapai Citilink mendadak melakukan pendaratan darurat di Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang, Sumatera Selatan karena ulah bocah yang melepas penutup pelindung tuas pintu darurat di luar pengawasan orang tuanya.

Kelakuan anak seperti itu tidak bisa dibenarkan juga tidak sepenuhnya disalahkan ya, Urbanreaders. Sebagai orang tua, memiliki peran penting untuk mengedukasi agar sang buah hati tidak lagi melakukan kesalahan itu. 

Mengutip dari berbagai sumber, Kamis (30/9/2021), tanpa harus memarahi dan melakukan kekerasan berupa cubitan atau kata-kata kasar, berikut ini rangkuman buat kalian ketika mengajak anak bepergian dengan menggunakan pesawat.

1. Memberi Contoh

1632995890-Ilustrasi-Anak-Kecil-di-Pesawat-(4).jpgSumber: Ilustrasi Anak Kecil di Pesawat (Freepik)

Hal pertama yang harus kalian lakukan adalah memberi contoh kepada anak mana yang boleh dilakukan dan mama yang tidak. 

Seperti misalnya memberi contoh tidak berlarian di bandara, membuka penutup pelindung tuas pintu darurat pesawat, bermain gadget di dalam pesawat dan masih banyak lagi.

Dengan demikian, anak akan mengerti. Apabila anak sulit dibilangin, kalian bisa menggunakan tutur bahasa dan perlakuan yang lembut ya, guys.

2. Atur Penerbangan saat Jam Tidur Anak

1632298103-bawaan-penumpang-pesawat.JPGSumber: Ilustrasi penumpang pesawat. (Pixabay/RainerPrang)

Guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, kalian bisa memilih jam penerbangan saat jam tidur anak loh, yakni saat pagi atau malam hari. Hal ini mencegah anak rewel dan mengeluh selama berada di pesawat.

3. Biarkan Anak Bermain Sebelum Naik Pesawat

1627017876-bermain-bersama-freepik-jcomp.jpegSumber: bermain sambil belajar (Freepik/jcomp)

Sebelum masuk pesawat, kamu bisa membiarkan anak-anak untuk berjalan, merangkak, bermain-main, dan menggerakkan badannya agar tidak rewel dan berulah di dalam pesawat. Namun, kalian harus tetap mengawasi anak kalian ya, guys.

4. Bawa Mainan

1632995881-Ilustrasi-Anak-Kecil-di-Pesawat-(1).jpgSumber: Ilustrasi Anak Kecil di Pesawat (Freepik)

Yang tak kalah penting, kalian juga bisa membawa mainan untuk sang buah hati. Jika kerepotan, kamu bisa membawa satu krayon dengan warna kesukaannya saja.

Kamu juga bisa membawa beberapa lembar kertas untuk corat-coret. Atau beri anak buku bergambar kesayangannya untuk hiburan selama di pesawat.

5. Film Kartun

1632995896-Ilustrasi-Anak-Kecil-di-Pesawat-(2).jpgSumber: Ilustrasi Anak Kecil di Pesawat (Freepik)

Nah, saat pesawat sudah mulai mengangkasa, guna menjaga agar anak tidak rewel dan mengganggu penumpang lainnya. Jangan berikan ia obat penenang, karena dalam beberapa kasus, bukannya si kecil tertidur malah ia muntah-muntah. 

Apabila anak mulai menampakkan gelagat bosan dan mulai rewel, kamu bisa menunjukkan video-video kartun kesukaannya agar anak tidak bosan. 

6. Pakaian

1632995919-Ilustrasi-anak-di-pesawat.jpgSumber: Ilustrasi Anak Kecil di Pesawat. (Pinterest/Solo Mom Take Flight)

Terakhir, agar anak nyaman saat perjalanan, sebaiknya kalian menyiapkan perlengkapan pakaian tambahan. Ini menjaga ketika suhu di pesawat lebih dingin yang tak sesuai perkiraanmu.

Sediakan selalu kaos kaki cadangan serta selimut kecil untuk menjaga tubuh sang buah hati tetap hangat.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait