beautydoozy skinner
urbanasia skinner
Beautydoozy

7 Kebiasaan Ini Bikin Jerawat Kamu Tambah Parah

Kintan Lestari,
9 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
7 Kebiasaan Ini Bikin Jerawat Kamu Tambah Parah
Image: Ilustrasi wajah berjerawat (Freepik)

Jakarta - Jerawat disebabkan karena folikel rambut tersumbat oleh sebum dan kulit mati. Akibatnya pori-pori jadi tersumbat dan muncul benjolan yang kita sebut dengan jerawat.

Jerawat bisa ditangani dengan menggunakan obat-obatan yang khusus mengatasi jerawat. Tapi meski sudah pakai obat jerawat, ternyata jerawat jadi tambah parah. Kok bisa?

Kondisi jerawat bisa makin parah rupanya bukan karena obat yang kamu pakai, tapi karena kebiasaan yang kamu lakukan. Yap, ada kebiasaan kita sehari-hari yang justru memperparah jerawat. Apa saja?

Berikut 7 kebiasaan sehari-hari yang bikin jerawat jadi tambah parah seperti dilansir dari berbagai sumber.

1. Sering Cuci Muka

1596618911-step-by-step-cuci-muka.jpgSumber: Ilustrasi rutin cuci muka. (Freepik)

Kalau cuaca panas, enaknya memang cuci muka kan ya. Apalagi banyak yang beranggapan sering cuci muka akan mencegah munculnya jerawat. Padahal salah besar. Keseringan cuci muka justru akan memperburuk kondisi jerawat kamu.

Cuci muka berlebihan akan mendorong kulit untuk memproduksi lebih banyak minyak. Mencuci muka dengan menggosoknya terlalu keras juga dapat mengiritasi kulit dan menyebabkan goresan kecil yang membuka jalan untuk lebih banyak infeksi dan peradangan.

2. Makan-makanan Manis atau Kabohidrat

1622169267-cara-atasi-komedo2---freepik-wayhomestudio.jpgSumber: Ilustrasi makanan manis. (Freepik/wayhomestudio)

Ada beberapa penelitian yang menunjukkan korelasi antara gula, karbohidrat, dan jerawat. Gula dan karbohidrat olahan meningkatkan kadar insulin dan bersifat inflamasi. Ini memicu hormon yang menyebabkan jerawat.

Solusinya yaitu kamu perlu batasi makanan manis dan bertepung seperti roti, nasi putih, soda, atau permen. 

3. Pegang Ponsel yang Kotor

1610096168-singkirkan-ponsel.jpgSumber: Ilustrasi bermain ponsel. (Freepik)

Buat yang sering teleponan atau sekadar main ponsel, ponsel kamu itu juga jadi penyebab jerawat tambah parah loh. Penyebabnya sih memang bukan karena kegiatan meneleponnya ya, tapi karena ponselnya yang kotor.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait