Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URstyle

7 Cara Cepat Hilangkan Bekas Jerawat Hitam dengan Bahan Alami

Kintan Lestari,
sekitar 1 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
7 Cara Cepat Hilangkan Bekas Jerawat Hitam dengan Bahan Alami
Image: Ilustrasi wajah berjerawat (Freepik/wayhomestudio)

Jakarta - Bekas jerawat hitam, masalah kulit yang suka bikin pusing kaum hawa. Beragam cara menghilangkan bekas jerawat pasti akan dicoba. 

Bekas jerawat hitam sebenarnya akan hilang dengan sendirinya bila reaksi peradangan di kulit membaik. Sayangnya beberapa orang tidak suka menunggu lama dan memilih cara cepat dengan menggunakan produk tertentu.

Akan tetapi penggunaan sebuah produk bisa memberikan efek samping pada pemakainya. Maka dari itu, penggunaan bahan alami lebih baik.

Kalau begitu, Urbanasia akan memberikan 6 cara menghilangkan bekas jerawat hitam dengan cepat pakai bahan-bahan alami yang ada di rumah. Apa saja?

1. Lemon

1617554920-cegukan---freepik.jpgSumber: Menggigit lemon (Freepik/Freepik)

Di dalam lemon terkandung asam alfa-hidroksi alami, atau yang biasa kalian kenal dengan sebutan AHA dalam sebuah produk skincare. Nah, kandungan itu bisa membantu kamu menghilangkan noda hitam jerawat.

Caranya tinggal oleskan sari lemon menggunakan jari atau cotton bud. Diamkan 10 menit lalu bilas dengan air.

Kalau kulitmu sensitif, kamu bisa mencampur sari lemon ke madu. Lalu campuran madu dan lemon itu dioleskan ke bagian wajah yang diinginkan. Biarkan selama 10-15 menit dan setelahnya cuci wajahmu. 

2. Kentang

1617759928-kentang---freepik-fabrikasimf.jpgSumber: Kentang/Freepik by Fabrikasimf

Kentang punya kandungan pati tinggi yang bisa membantumu menghilangkan noda hitam bekas jerawat. 

Untuk itu kamu perlu mengiris kentang. Lalu irisannya itu kamu oleskan ke bagian kulit yang diinginkan selama satu menit.

Setelahnya diamkan area yang terkena olesan irisan kentang sekitar 15-20 menit. Lalu bilas deh wajahmu.

3. Lidah Buaya

ilustrasi-lidah-buaya-pixabay.jpgSumber: Ilustrasi lidah buaya. (Pixabay)

Lidah buaya kaya akan kandungan antiinflamasi dan antioksidan sehingga dapat membantu memperbaiki sel kulit yang rusak.

Cara pemakaiannya mudah. Kamu cukup oleskan lidah buaya ke noda jerawat lalu diamkan selama 30 menit. Kalau sudah 30 menit bilas deh dengan air dingin.

4. Minyak Kelapa

1603764093-miyak-kelapa.jpgSumber: Minyak Kelapa (Freepik)

Dengan kandungan vitamin E di dalamnya, minyak kelapa juga bisa membantumu menghilangkan noda jerawat.

Caranya tinggal oleskan minyak ke bagian bekas jerawat sambil dipijat lembut selama 5-10 menit. Kemudian diamkan satu jam. Setelah satu jam bilas wajahmu dengan air hangat. 

5. Tomat

1614602987-ilustrasi-tomat.jpegSumber: Ilustrasi tomat. (pixabay/Dmitry Demidov)

Bekas jerawat hitam juga bisa dihilangkan dengan menggunakan tomat. Karena dalam buah tersebut terdapat kandungan karoten dan vitamin A.

Caranya tinggal kamu haluskan tomatnya dan aplikasikan ke wajah seperti memakai masker. Diamkan kurang lebih 30 menit. Kalau sudah bilas wajahmu dengan air dingin.

6. Kunyit

1595579457-kunyit.jpegSumber: Ilustrasi kunyit. (Pixabay)

Bumbu dapur ini punya sifat inflamasi yang berkhasiat baik untuk kulitmu. Nah, untuk menghilangkan bekas jerawat dengan kunyit caranya mudah kok.

Ambil 1 sdm bubuk kunyit lalu campur dengan perasan jeruk lemon. Aduk keduanya hingga seperti pasta. Setelahnya oleskan campuran pasta itu ke area kulit selama 15 menit. Kalau sudah tinggal bilas dengan air hangat.

7. Madu 

1619574202-perawatan-siku-dan-lutut---freepik.jpgSumber: Madu/Freepik

Madu sudah sejak dulu dipercaya untuk pengobatan. So, bahan satu ini bisa juga untuk menghilangkan bekas jerawat hitam akibat peradangan kulit.

Caranya cukup oleskan di bagian wajah yang ada bekas jerawatnya dan diamkan semalaman. Paginya tinggal bilas wajahmu dengan air hangat.

Untuk menghindari madu mengotori sarung bantal atau seprai, tutupi bagian yang sudah dioleskan madu dengan perban atau kain kasa.

Itu dia 7 bahan alami yang bisa digunakan untuk menghilangkan bekas jerawat hitam. Tapi ingat, sebelum mencoba bahan-bahan tersebut lakukan tes patch dulu ya.

Karena meski berasal dari bahan alami, belum tentu kulitmu cocok menggunakannya. Selamat mencoba, Urbanreaders! 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait