beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URstyle

7 Makanan Penambah Berat Badan, Nasi hingga Telur

Annisa Tiara Jelita,
25 November 2022 21.18.26 | Waktu baca 2 menit
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
7 Makanan Penambah Berat Badan, Nasi hingga Telur
Image: Ilustrasi nasi. (Freepik/jcomp)

Jakarta - Memiliki tubuh ideal tentunya impian bagi setiap orang. Banyak orang berusaha menurunkan berat badannya, begitu juga dengan orang yang ingin menambah berat badan.

Tidak sedikit orang yang berkata bahwa menambah berat badan adalah hal yang mudah, padahal setiap orang memiliki respons tubuh yang berbeda-beda.

Banyak orang yang sudah makan banyak, namun berat badannya tidak kunjung bertambah. Biasanya hal ini dikarenakan makanan yang dikonsumsi tidak mengandung bahan yang bisa menambah berat badan.

Untuk menaikkan berat badan, cobalah makan makanan yang memiliki karbohidrat, lemak, gula, serta protein. Makanan tersebut akan menambah jumlah kalori dalam tubuh. 

Berikut adalah 7 makanan yang dapat menambahkan kalori pada tubuh agar berat badanmu cepat bertambah.

1. Nasi

1602832827-nasi.jpgSumber: Ilustrasi nasi. (Freepik/jcomp)

Nasi merupakan sumber karbohidrat yang dapat membantu menambahkan kalori pada tubuh. Makan lah nasi tiga kali sehari ditambah dengan lauk yang berprotein tinggi. 100 gram nasi kurang lebih mengandung 180 kalori dan 49 gram protein.

2. Telur

1669298991-Telur.jpgSumber: Ilustrasi telur. (Freepik/Topntp)

Telur sangat mudah didapatkan dan merupakan sumber protein serta lemak yang sehat. Dalam sebutir telur, terdapat 70 hingga 75 kalori.15 kalori berasal dari putih telur, dan sisanya dari kuning telur. Selain itu, kuning telur mengandung sekitar 185 miligram kolesterol dan 4,5 miligram lemak. 

3. Susu

1669299167-Susu.jpgSumber: Susu. (Freepik/Jcomp)

Susu dapat menghasilkan vitamin, dan kalsium bagi tubuh. Dalam segelas susu, pada umumnya terdapat protein, garam lemak dan kalori yang dapat menambah berat badan. Dianjurkan minum susu setiap pagi dan malam sebelum tidur.

4. Coklat 

1669299072-Coklat.jpgSumber: Coklat. (Freepik/Freepik)

Makanlah coklat hitam atau dark chocolate yang memiliki banyak lemak. Satu ons coklat hitam diperkirakan memuat 155 kalori, 9 gram lemak, dan 5 gr lemak jenuh. Jika tidak ingin terlalu ingin menambah berat badan dengan jumlah banyak, pilih coklat hitam dengan kadar gula yang sedikit.

5. Alpukat

1669299102-Alpukat.jpgSumber: Alpukat. (Freepik/Jcomp)

Buah alpukat memiliki antioksidan, nutrisi, serat, dan asam lemak yang terdiri dari dari 350 kalori per buahnya. Buah ini juga kaya vitamin dan mineral, termasuk kalium serta vitamin K, C, B5, dan B6. Alpukat dapat dimakan langsung atau dijadikan jus.

6. Yogurt

1669299203-Yogurt.JPGSumber: Yogurt. (Freepik/Freepik)

Yogurt merupan susu fermentasi yang memiliki kandungan nutrisi baik untuk tubuh. Terdapat karbohidrat, protein, garam lemak yang baik untuk menambah berat badan. Yogurt bisa diolah menjadi smoothies atau cukup ditambahkan potongan buah segar.

7. Keju

1669299236-Keju.JPGSumber: Keju. (Freepik/Upklyak)

Keju memiliki banyak varian, mulai dari mozzarella, cheddar, parmesan dan masih banyak lagi. Setiap 100 gram keju memiliki kurang lebih 22,8 gram protein, 25,5 gram lemak dan 285 kalori. Keju bisa dimakan langsung atau dijadikan topping makanan.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait