beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URstyle

7 Manfaat Shea Butter Buat Kecantikan

Itha Prabandhani,
sekitar 1 tahun yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
7 Manfaat Shea Butter Buat Kecantikan
Image: Manfaat Shea Butter (Freepik/Pixelshot)

Jakarta - Urbanreaders pastinya udah sering mendengar tentang shea butter dalam berbagai produk kecantikan, kan? Belakangan ini, berbagai produk skincare yang mengandung shea butter banyak bermunculan, seperti produk krim wajah, masker wajah, body butter, sampai sabun mandi.

Buat kamu yang baru mengenal shea butter, yuk kenalan dulu sama bahan alami yang satu ini.  

Shea butter adalah lemak yang diekstrak dari kacang pohon Shea. Cara pengolahan shea butter adalah dengan mengambil biji kacang Shea, lalu dihancurkan, dibakar, dan digiling sampai teksturnya menyerupai krim.

Shea butter berasal dari Afrika Barat dan sebagian besar produksinya juga masih berasal dari wilayah tersebut. Itu kenapa produk berbahan shea butter harganya lumayan mahal di Indonesia.

Komponen utama yang terdapat dalam shea butter adalah asam oleat, asam stearat, dan asam linoleat. Shea butter akan meleleh pada suhu tubuh, sehingga mudah diserap ketika diaplikasikan.

1622005399-manfaat-shea-butter---freepik.jpgSumber: Manfaat shea butter (Freepik)

Bahan berwarna putih gading ini kaya dengan vitamin dan asam lemak, yang menjadikan shea butter sebagai salah satu produk terbaik untuk menghaluskan, melembapkan, dan memberi rasa nyaman di kulit kamu.

Nah, sesudah tahu asal muasal shea butter, yuk simak apa aja manfaat yang bisa kamu dapatkan dari bahan ini. Berikut ulasan yang dilansir dari Healthline.

1.       Menjaga Kelembapan Kulit

Seperti udah disinggung sebelumnya, shea butter kaya dengan kandungan asam lemak. Ketika diaplikasikan ke kulit, shea butter akan cepat meresap ke dalamnya. Bahan ini akan mengunci kelembapan dari dalam, sehingga kulit akan terbebas dari rasa kering. Tapi, jangan khawatir. Meski bersifat melembapkan, shea butter nggak akan bikin kulit kamu berminyak. Selain itu, bahan alami ini juga aman buat segala jenis kulit, loh.

2.       Antiinflamasi

Pohon Shea telah dikenal secara turun temurun sebagai salah satu bahan yang dapat meredakan peradangan pada kulit. Saat dioleskan, shea akan merangsang sitokin dan sel-sel kulit untuk memperlambat proses produksinya. Dengan begitu, proses ini akan mengurangi iritasi yang terjadi akibat perubahan cuaca, atau masalah kulit seperti eksim.

3.       Kaya Antioksidan

Shea butter tinggi kandungan vitamin A dan E yang berperan besar sebagai antioksidan. Antioksidan merupakan bahan untuk melawan tanda-tanda penuaan dengan menangkal radikal bebas yang menjadi penyebab kulitmu tampak kusam dan kurang sehat.

4.       Mencegah Munculnya Jerawat

1622005829-manfaat-shea-butter---freepik-diana.grytsku.jpgSumber: Manfaat shea butter juga untuk mencegah jerawat (Freepik/DianaGrytsku)

Kandungan asam lemak dalam shea butter akan membantu membuat kulitmu bebas dari sebum berlebih. Selain itu, shea butter juga akan menjaga kadar air dalam sel kulit, sehingga kelembapannya terjaga. Dengan begitu, jerawat nggak bakalan sempat muncul di wajahmu.

5.       Memproduksi Kolagen

Kolagen adalah protein dalam tubuh yang sangat berperan dalam menjaga keremajaan kulit. Kandungan triterpenoid dalam shea butter akan mempertahankan kolagen dari kerusakan. Dengan begitu, kulitmu dapat terhindar dari kerutan dan garis halus dalam waktu lama.

6.       Merangsang Regenerasi Sel Kulit

Manfaat shea butter untuk melembapkan dan sebagai antioksidan akan membantu proses regenerasi sel kulit. Seperti kamu tahu, tubuh kita terus memproduksi sel baru setiap harinya untuk mengganti sel-sel kulit yang mati atau rusak. Dengan kelembapan yang diberikan shea butter, jumlah sel-sel kulit mati dan rusak akan berkurang, sehingga permukaan kulit akan tampak lebih halus.

7.       Menyamarkan Bekas Luka dan Stretch Mark

Kamu bermasalah dengan bekas luka membandel atau stretch mark? Produk berbahan shea butter bisa menjadi jawabannya. Shea butter akan membantu mengurangi produksi sel kulit yang rusak akibat bekas jerawat atau luka, sekaligus menggantinya dengan sel kulit yang sehat. Menggunakan produk berbahan shea butter secara rutin dapat membantu menyamarkan jaringan parut, sehingga tampak lebih halus.

 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait