beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URstyle

8 Brand Sneakers Ini Manfaatkan Limbah Daur Ulang sebagai Bahan Baku

Hanisa Sutoyo,
3 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
8 Brand Sneakers Ini Manfaatkan Limbah Daur Ulang sebagai Bahan Baku
Image: Pinterest/To Be Dressed

Jakarta - Dulu, mencari alas kaki yang terbuat dari plastik daur ulang cukup sulit. Namun, dari masa ke masa sekelompok orang menyadari pentingnya merawat Bumi. Hal ini dibuktikan dengan adanya sejumlah brand sneakers yang menciptakan produk ramah lingkungan.

Banyak merek sneakers terkenal yang sekarang memasukkan plastik daur ulang ataupun limbah lainnya sebagai bahan dasar produksinya loh, Urbanreaders. Keren kan?

Melansir situs Eco World, kini kamu bisa membeli sneakers yang ramah lingkungan berbahan dasar plastik daur ulang loh. Mau tau ada sneakers merek apa saja? Yuk, simak daftar berikut ini!

1. Adidas

1657875748-Adidass.jpegSumber: Pinterest/Engadget

Adidas mengatakan ingin meningkatkan produksi daur ulang mereka hingga seratus persen di tahun 2024 loh. Dengan demikian, semakin memperkuat komitmennya dalam melindungi lingkungan.

Diantara koleksi ramah lingkungannya yakni hasil kerja sama Adidas dan Parley for the Ocean yang memproduksi sepatu berbahan baku benang di pantai, serta dengan Stella McCartney bersama-sama mengumpulkan plastik daur ulang sebagai bahan baku pembuatan sepatu. 

2. Nike Flyknit

1657875813-Nike-flyknit.jpegSumber: Pinterest/Sweetsoles

Nike sedang menjalankan program di mana mereka berjuang untuk mencapai nol limbah dan nol jejak karbon, dengan memproduksi sepatu kets yang terbuat dari plastik daur ulang, yakni Nike Flyknit yang dikembangkan dengan desain mirip seperti kaus kaki. 

71 persen sepatu Nike sekarang mengandung bahan dari produk limbah nih, seperti botol plastik dan sisa-sisa sampah yang ada di pabrik Nike sendiri. Selain itu, limbah ini juga digunakan untuk membuat alas karpet, lantai gym, dan masih banyak lagi.

3. Timberland

1657875861-Timberland.jpegSumber: Pinterest/Tip Top Shoes

Merek yang terkenal dengan sepatu boot kulitnya ini, memproduksi jajaran sepatu kanvas yang terbuat dari botol plastik daur ulang. Melalui program Reduce, Recycle, Rethink, mereka ingin mengurangi jumlah sampah plastik.

Timberland telah bekerja sama dengan perusahaan ramah lingkungan, yakni Thread (TM) untuk bisa mengumpulkan plastik non-biodegradable, yang nantinya diubah menjadi benang untuk kemudian ditenun, sehingga menciptakan bahan baru. Selain itu, mereka juga berusaha untuk tidak memiliki PVC di alas kaki mereka loh.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait