Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URtech

8 Cara Detoks dari Media Sosial

Afid Ahman,
sekitar 1 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
8 Cara Detoks dari Media Sosial
Image: Ilustrasi bermain media sosial. (pexel.com/pixabay)

Jakarta - Media sosial menyediakan wadah untuk berkomunikasi dan mengekspresikan diri. Tapi kalau sampai kecanduan bisa berbahaya karena bisa mempengaruhi kesehatan mental.

Karena itu disarankan untuk sesekali mengalihkan perhatian dari hiruk pikuk media sosial agar jiwa dan raga tidak terganggu. Nah untuk membantu, Kaspersky membagikan cara detoks dari media sosial demi menjaga kesehatan mental.

1. Kurangi paparan konten

Tidak ada salahnya berhenti mengikuti (unfollow) siapa pun jika merasa tidak mendapat manfaat dari konten yang diunggah. Jika merasa tidak enak, gunakan fitur membisukan (mute) akun-akun tersebut.

2. Kontak Terpusat

Media sosial bukan untuk melihat konten semata, namun, juga bisa menjadi tempat berkomunikasi dengan teman dan keluarga. Berkomunikasi dengan berbagai platform tentu bisa menghabiskan waktu karena harus mengecek setiap aplikasi.

Agar lebih efisien, gunakan satu-dua platform untuk berkomunikasi, beri tahu teman atau kolega ke mana bisa menghubungi. Dengan begitu, waktu yang dibutuhkan untuk memeriksa platform lain akan berkurang dan pesan penting pun tidak terlewat.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait