beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URnews

Ajak Warga Donasi Vitamin untuk Nakes, Erick Thohir Dikritik Netizen

Dyta Nabilah,
sekitar 1 tahun yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Ajak Warga Donasi Vitamin untuk Nakes, Erick Thohir Dikritik Netizen
Image: Erick Thohir Ketika Mengunjungi Apotek Kimia Farma Jakarta (Instagram/erickthohir)

Jakarta - Menteri BUMN, Erick Thohir mulai mengajak masyarakat untuk mendonasikan paket vitamin dan suplemen untuk para tenaga kesehatan yang berjuang lawan COVID-19  lewat gerakan ‘Kita Bersama Nakes’ yang diprakarsai Kimia Farma. 

Namun, bukannya disambut baik, gerakan itu justru menuai banyak protes dari sejumlah netizen. Mereka mengungkapkan, memenuhi obat-obatan bagi diri sendiri saja sudah sulit, apalagi harus keluarkan uang untuk donasi.

“Duh wak, bukan nggak mau nyumbang, tapi buat beli vitamin perut sendiri aja puyeng, tiba-tiba harga vitamin di pasaran mendadak naik,” ujar salah seorang netizen di Twitter.

Selain itu, netizen menilai lebih baik untuk ajak donor plasma darah daripada donasi obat-obatan untuk nakes. Karena, saat ini banyak pasien COVID-19 yang sedang membutuhkan, hal tersebut pun akan meringankan beban nakes.

“Daripada suplemen mending suruh para penyintas COVID-19 untuk ramai-ramai donor plasma darahnya. Biar antreannya makin pendek dan waktu di rumah sakitnya makin pendek. sehingga meringankan beban nakesnya. Sehingga herd immunity dapat tercapai, plasma darah nggak make APBN, negara bisa hemat,” sambung netizen lainnya.

Erick Sudah Mengecek Persediaan Vitamin dan Suplemen

1625381886-barang-kesehatan.jpgSumber: Ilustrasi obat-obatan dan alat kesehatan. (Freepik/user17432319)

Erick sendiri yakin bahwa masyarakat akan bersama-sama mendukung gerakan tersebut. Karena, program ini diperuntukkan untuk para nakes yang menjadi garda terdepan selama setahun lebih.

Menurutnya, sumbangan vitamin dan suplemen ini sebagai bukti cinta masyarakat atas dedikasi para nakes selama bekerja. Selain itu, vitamin dan suplemen juga berguna sebagai pelindung tambahan agar tidak kurang asupan nutrisi.

Erick sudah mengecek persediaan vitamin dan suplemen di sejumlah apotek Kimia Farma Jakarta. Ia mendengar banyak keluhan mengenai penimbunan obat-obatan dan harga yang tak wajar.

Namun, Erick yakinkan masyarakat bisa tetap mendapatkannya dengan mudah dan harga sesuai di berbagai rumah sakit, klinik, dan jaringan apotek Kimia Farma.

Masyarakat bisa ikut berpartisipasi gerakan ini melalui jaringan apotek tersebut.

“Saya akan mengawasi langsung secara internal, sehingga ketersediaan obat tetap terjaga dan tidak ada oknum internal yang menimbun untuk keuntungan pribadi,” tulis Erick di media sosialnya pada (6/7/2021).

Donasi Akan Dikirim Ke Kudus dan Surabaya

‘Kita Bersama Nakes’ akan berlangsung pada Juli sampai Agustus yang mana paket pertamanya berisi vitamin C, D3, Zinc, serta immune booster. Nantinya, paket ini akan dikirimkan ke Kudus dan Surabaya.

Kimia Farma memulai gerakan ‘Kita Bersama Nakes’ karena prihatin dengan tingginya lonjakan kasus COVID-19 di Indonesia. Sehingga, kesehatan para nakes pun harus tetap diperhatikan.

“Kami sadar keberadaan para nakes sangat penting bagi masyarakat terlebih di masa pandemi seperti sekarang. Karena itu, kami juga mengajak masyarakat untuk ikut memberikan dukungan para nakes melalui program beli 5 multivitamin dan suplemen,” ungkap Direktur Utama PT Kimia Farma Apotek, Nurtjahjo Wilujo Wibowo dikutip dari Antara (6/7/2021).

Setelah itu, pembeli akan mendapatkan satu vitamin atau suplemen yang didistribusikan bagi para nakes dalam gerakan ‘Kita Bersama Nakes’.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait