beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URguide

Alergi Smartphone, Emang Bisa?

Alfian Muntahanatul Ulya,
16 November 2022 13.12.47 | Waktu baca 3 menit
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Alergi Smartphone, Emang Bisa?
Image: Ilustrasi smartphone (Pixabay/pexels)

Jakarta - Setiap hari bahkan jam, hampir semua orang nggak bisa lepas dari smartphonenya. Sebuah studi mengatakan, jika kamu sensitif terhadap alergi, ponselmu justru bisa membuatmu jatuh sakit.

Mungkin memang kedengarannya agak aneh, masa iya kita bisa alergi terhadap smartphone yang mana di jaman sekarang alat canggih ini jadi sesuatu yang penting bagi kita? Nah untuk lebih jelasnya yuk simak!

Melansir Healthline, Rabu (16/11/2022), studi baru ini pernah dipresentasikan di Pertemuan Ilmiah Tahunan American College of Allergy, Asthma and Immunology (ACAAI) di Louisville, KY.

Penelitian ini menemukan adanya peningkatan kadar alergen kucing dan anjing, serta glukan BDG dan endotoksin pada ponsel pintar yang selalu kita genggam tiap saat. 

Lebih jelasnya, BDG ini biasanya ditemukan di dinding sel jamur, sementara endotoksin merupakan racun bakteri yang biasa ditemukan di lingkungan. 

Para peneliti akhirnya menyimpulkan, orang yang rentan dengan alergi atau juga menderita asma, mereka disarankan untuk membersihkan smartphone mereka secara rutin untuk mengurangi risiko alergi atau pemicu asma.

Senada dengan hasil penelitian tersebut, Jubir Media Nasional American Lung Association, Payel Gupta pun membenarkan bahwa alergen bisa ditemukan di mana saja. Di antaranya rambut, pakaian, sepatu, jadi masuk akal kalau ponsel juga termasuk ke dalam salah satunya.

Bahkan alergen pada kucing dan anjing bisa ditemukan dalam bulu mereka, sedangkan bulu hewan kesayangan banyak orang ini bisa menempel di mana saja.

"Jika Anda menyentuh ponsel Anda dan kemudian menyentuh mata, hidung, atau mulut Anda, maka alergen dapat masuk ke hidung atau saluran pernapasan atau mukosa mata Anda," kata Gupta.

Bahkan jika dipikir-pikir, kita memang sering membawa smartphone ke mana pun kita pergi, lalu secara sadar maupun nggak sadar, kita juga meletakkannya di mana saja. Jadi nggak heran kalau ponsel itu ternyata memang sangat kotor meski nggak terlihat oleh mata telanjang.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait