Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URnews

Anies di Forum Climate Heroes: Singgung Tantangan Pasca Pandemi

Alwin Jalliyani,
15 hari yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Anies di Forum Climate Heroes: Singgung Tantangan Pasca Pandemi
Image: Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. (Instagram @aniesbaswedan)

Jakarta - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan didaulat sebagai pembicara dalam forum internasional Climate Heroes yang diselenggarakan Foreign Policy Community of Indonesia (FPCI) dan Kedutaan Besar Amerika Serikat di Jakarta pada Kamis (30/9/2021).

Anies mengawali pemaparannya dengan menyampaikan fenomena urbanisasi besar yang membuat sebagian penduduk pindah ke kota.

“Sebagian besar penduduk dunia tinggal di kota. Dalam pengertian ini, banyak kehidupan bergantung pada kota. Diproyeksikan bahwa setidaknya 60,4% populasi dunia akan tinggal di kota pada tahun 2030 dan 68% pada tahun 2050 dan nantinya peran kota penting bagi peradaban kita,” ungkap Anies.

Selanjutnya, Anies menegaskan pentingnya peran perkotaan dan para pemimpinnya dalam menghadapi pandemi COVID-19 dan perubahan iklim.

“Peran sistem perkotaan dan pemimpin kota menjadi sangat penting, terutama ketika kota ditantang oleh tantangan besar seperti pandemi COVID-19 dan perubahan iklim. Maka dari itu  komunitas internasional juga memberikan perhatian yang signifikan pada kota-kota,” sambungnya.

Gubernur DKI Jakarta juga mewanti-wanti fenomena kota yang perlu diwaspadai pasca pandemi COVID-19.

“Saya menyoroti 6 (enam) fenomena kota pasca pandemi yang harus diwaspadai. Antara lain Perumahan produktif (terjangkau); Masa depan industri properti; Mobilitas berkelanjutan dan aksesibilitas inklusif terhadap mobilitas; Kelangkaan pekerjaan dan masa depan pekerjaan; Keterbatasan interaksi sosial; dan Perhatian untuk peningkatan jumlah anak yatim akibat kematian orang tuanya karena COVID-19. Ini harus kita perhatikan dan kita usahakan solusinya,” terang Anies.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait