beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URnews

Anwar Ibrahim Terpilih Jadi Perdana Menteri Malaysia

Nivita Saldyni,
24 November 2022 15.12.03 | Waktu baca 1 menit
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Anwar Ibrahim Terpilih Jadi Perdana Menteri Malaysia
Image: Anwar Ibrahim. (Dok. Parlimen Malaysia)

Jakarta - Raja Malaysia Yang di-Pertuan Agong Sultan Abdullah resmi menunjuk Anwar Ibrahim sebagai perdana menteri (PM) baru Malaysia, Kamis (24/11/2022).

Pengangkatan Anwar secara resmi sebagai PM itu rencananya bakal digelar hari ini di Istana Negara Malaysia pada pukul 17.00 waktu setempat.

Dalam keterangan resminya, Pengawas Keuangan Rumah Tangga Kerajaan Datuk Seri Ahmad Fadil Syamsuddin menyebut penunjukkan Anwar sebagai PM Malaysia ke-10 dilakukan atas persetujuan Yang di-Pertuan Agong.

Hal ini usai dilakukan penyempurnaan pandangan lewat musyawarah bersama raja-raja Melayu di Istana Negara atas hasil Pemilihan Umum ke-15.

"Hal itu sesuai dengan kewenangan Yang di-Pertuan Agong yang diatur dalam Pasal 40 (2) (a) dan Pasal (43) (a) Konstitusi Federal," ujar Ahmad dikutip dari ANTARA, Kamis (24/11/2022).

Sebelumnya, rakyat Malaysia telah memilih wakilnya dalam pemilihan umum yang digelar pada 19 November 2022. Namun hasilnya tak ada satu pun ahli Dewan Rakyat yang dapat cukup kursi untuk jadi PM Malaysia ke-10.

Alhasil Raja Malaysia Yang di-Pertuan Agong Sultan Abdullah menggelar pertemuan dengan raja-raja Melayu pada Kamis (24/11/2022) untuk memutuskan masalah tersebut. Hingga akhirnya disetujui Anwar Ibrahim terpilih jadi PM Malaysia ke-10.

 

 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait