Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URnews

Apa Itu Pluralisme? Begini Penjelasannya

Elga Nurmutia,
sekitar 2 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Apa Itu Pluralisme? Begini Penjelasannya
Image: Ilustrasi pluralisme. (Freepik)

Jakarta - Bukan hanya menimbulkan konflik dikarenakan ada diskriminasi dan juga dominasi. Namun, hubungan antar kelompok sosial pun dapat menimbulkan budaya baru. Pluralisme ini merupakan salah satunya, apa itu pluralisme?

Kali ini, Urbanasia akan membagikan penjelasan apa itu pluralisme dari berbagai sumber, Jumat (15/10/2021), sebagai berikut.

Pluralisme merupakan kondisi masyarakat yang majemuk (berkaitan dengan sistem sosial dan politiknya). Pluralisme ini merupakan suatu paham yang menghargai terhadap perbedaan pada sebuah masyarakat dan juga mengizinkan kelompok berbeda agar tetap menjaga keunikan yang dimiliki dari setiap budaya masing-masing.

Bukan hanya itu, dalam konsep pluralisme ini sejumlah kelompok yang berbeda mempunyai kedudukan yang sama. Dalam hal tersebut tidak ada yang melakukan dominasi ataupun menguasai antar kelompok.

Indonesia juga menerapkan konsep pluralisme, selain itu negara ini pun memiliki sejumlah ras dan juga etnis. Maka, pluralisme ini diaplikasikan agar masyarakat tersebut saling menghargai satu sama lainnya serta meminimalisir adanya konflik pada masyarakat.

Etnis, suku, dan ras yang terdapat di negara Indonesia memiliki kedudukan hukum yang sama dan tidak ada pembedaan atas hal tersebut. Oleh sebab itu, dasar dan inti dari pluralisme ini sebagai kesediaan rakyat Indonesia dalam hidup bersama.

Nah, itu dia informasi yang dapat Urbanasia sampaikan. Semoga bermanfaat bagi Urbanreaders!

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait