menu
user
Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URguide

Apa Itu WFH? Simak Tipsnya Agar Kerja dari Rumah Tetap Efektif

Itha Prabandhani,
5 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Apa Itu WFH? Simak Tipsnya Agar Kerja dari Rumah Tetap Efektif
Image: Ilustrasi WFH (Freepik)

Jakarta - Situasi pandemi yang telah berlangsung selama hampir setahun ini, membuat kita nggak lagi bisa menjalankan aktivitas seperti biasa, termasuk dalam hal bekerja. Untuk membantu pengendalian penyebaran virus COVID-19, kegiatan perkantoran pun dibatasi dan diubah dengan work from home atau WFH.

Sesuai namanya, WFH adalah singkatan dari work from home atau bekerja dari rumah. Saat WFH, kamu melakukan kegiatan yang berhubungan dengan pekerjaanmu secara jarak jauh, melalui moda komunikasi digital.

Untungnya, kemajuan teknologi saat ini telah banyak memudahkan para pelaku kerja untuk bekerja secara jarak jauh. Kamu bisa dengan mudah melakukan meeting online, pengelolaan data dari penyimpanan di internet, maupun melakukan monitoring pekerjaan secara digital.

Namun, buat yang belum terbiasa, WFH dapat menjadi tantangan tersendiri dan justru menjadi halangan dalam menjalankan tugas. Nah, supaya kamu bisa tetap bekerja secara efektif dari rumah, berikut beberapa tips dari Urbanasia untuk bekerja efektif selama WFH.

1. Akrabkan Diri pada Berbagai Software Pendukung

1610428625-WFH-pixabay.jpegSumber: Ilustrasi WFH. (Pixabay)

Untuk bekerja dari rumah, kamu akan perlu mengunakan bantuan teknologi. Karenanya, kamu mesti membiasakan diri menggunakan berbagai perangkat lunak yang akan memudahkan kamu dalam bekerja.

Ada beberapa aplikasi yang wajib kamu kuasai antara lain, penyimpanan data berbasis cloud seperti Google Drive, Onedrive, Dropbox, atau Mega, aplikasi meeting online seperti Zoom, Skype, Microsoft Team, atau Google Meet, dan aplikasi lain yang menunjang tugas-tugas kamu sehari-hari. Aplikasi ini akan membantu memudahkan proses kerja di mana saja dan kapan saja.

2. Sediakan Jaringan Internet yang Memadai

1610098570-laptop-wfh.jpgSumber: Ilustrasi penggunaan laptop saat WFH. (Pixabay)

Untuk memastikan teknologi tersebut berfungsi dengan baik, kamu mesti memiliki jaringan internet yang cukup memadai. Pastikan kecepatan akses internet dan bandwidth-nya mendukungmu menggunakan aplikasi yang dibutuhkan.

Selain itu, pastikan juga perangkat elektronik yang kamu gunakan seperti laptop, komputer, atau smartphone kamu mendukung pengoperasian aplikasi tersebut.

3. Sediakan Tempat yang Nyaman

1585126746-WFH.jpgSumber: Ilustrasi WFH (Freepik)

Meski bekerja dari rumah, kamu juga perlu untuk berkonsentrasi dalam melaksanakan tugas-tugas harianmu. Karena itu, sediakan tempat yang nyaman, tenang, dan bebas gangguan dari luar. Jika kamu tinggal dengan keluarga, informasikan jam kerja kamu kepada mereka, agar mereka juga mendukung situasi di rumah yang kondusif untuk bekerja.

4. Buat To-Do List

1611406899-WFH.jpgSumber: Ilustrasi WFH (Freepik)

Saat bekerja dari rumah, akan ada banyak gangguan yang membuatmu tidak bisa mengerjakan pekerjaan sesuai rencana. Karenanya, penting untuk kamu bikin to-do list harianmu sebagai target pekerjaan yang mesti diselesaikan.

Kelebihan dari WFH adalah kamu bisa mengatur kapan waktu untuk mengerjakannya. Karena itu, saat WFH, ubah target harianmu menjadi jumlah pekerjaan yang diselesaikan, dan bukan dari jam kerja seperti biasanya. Tentukan pekerjaan yang menjadi prioritas dan selesaikan terlebih dahulu.

5. Ikuti Aturan WFH di Tempat Kerjamu

1591351717-wfh.jpgSumber: Ilustrasi bekerja. (Freepik)

Dari sisi manajemen, WFH dapat menjadi tantangan tersendiri untuk memonitor kinerja karyawannya. Karena itu, biasanya perusahaan menerapkan kebijakan tambahan untuk mengukur efektivitas dan kedisiplinan karyawannya. Ada yang mewajibkan karyawan untuk absen online dengan selfie, ada pula yang mesti membagi lokasi saat bekerja.

Agar kinerjamu tetap bisa terukur dan termonitor, ikutilah apa yang menjadi kebijakan WFH di kantor tempat kamu bekerja. Dengan begitu, perusahaan tetap memandang kamu profesional meski bekerja dari rumah.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait