menu
user
URnews

Asik! Tangerang Punya Pusat Vaksin dengan Layanan 3 in 1

Kintan Lestari,
sekitar 1 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
 Asik! Tangerang Punya Pusat Vaksin dengan Layanan 3 in 1
Image: Seorang pengemudi Grab divaksinasi di Grab Vaccine Center Provinsi Banten hari ini (13/3/2021). (Dok. Grab)

Banten - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) bersama Grab dan Good Doctor pada awal Maret menghadirkan pusat vaksinasi dengan layanan Drive-Thru dan Walk-In di Bali. 

Pusat vaksinasi yang menghadirkan layanan Drive-Thru dan Walk-In tersebut pun sekaligus jadi yang pertama di Indonesia. Pusat vaksinasi di Bali 

Usai Bali, kini giliran , Tangerang, Banten, yang akan punya pusat vaksinasi dengan pelayanan yang tak jauh berbeda.

Di Tangerang, Banten, Kemenkes, Grab, dan Good Doctor hari ini (13/3/2021) meluncurkan pusat vaksin pertama di Indonesia dengan pendekatan 3-in-1, yang mana mencakup layanan Drive-Thru Mobil dan Motor, serta Walk-In.  

Kalau pusat vaksin di Bali menyasar pada pekerja di sektor publik, termasuk mereka yang bekerja di bidang perhotelan, pariwisata, dan transportasi, maka pusat vaksin di Tangerang akan ditujukan untuk orang lanjut usia (lansia) dan pekerja publik di sektor transportasi.

“10 persen dari populasi Indonesia merupakan lansia dan lebih dari 50 persen orang yang meninggal karena COVID-19 berusia lebih dari 60 tahun[1]. Oleh karena itu, memberikan perlindungan kepada mereka yang rentan terpapar dengan virus ini menjadi prioritas. Kami mengapresiasi Grab dan Good Doctor atas komitmen berkelanjutan mereka untuk mendukung Program Vaksinasi Nasional melalui Grab Vaccine Center. Pusat vaksin dengan pendekatan 3-in-1 yang dipelopori oleh Grab dan Good Doctor menawarkan kemudahan dan efisiensi sistem vaksinasi yang aman dan cepat,” jelas Budi Gunadi Sadikin, Menteri Kesehatan Republik Indonesia dalam sambutannya di peresmian Grab Vaccine Center di Provinsi Banten.  

Menteri Riset dan Teknologi Republik Indonesia, Bambang Permadi Soemantri Brodjonegoro, mengatakan bahwa riset dan inovasi memainkan peran penting dalam mengatasi pandemi.

"Percepatan inovasi melalui kolaborasi antar sektor seperti ini sangat penting untuk menekan penyebaran virus di Indonesia. Grab Vaccine Center yang didirikan oleh Grab dan Good Doctor merupakan kombinasi yang solid dari inovasi, penggunaan teknologi berbasis data, dan keunggulan operasional. Mengorganisir pelaksanaan program vaksinasi adalah tugas besar yang membutuhkan perencanaan dan rancangan yang komprehensif, serta pengelolaan yang cermat, dan Grab dan Good Doctor mampu mewujudkannya lewat inovasi dan pendekatan teknologi,” kata Bambang.

Grab Vaccine Center Provinsi Banten beroperasi di ICE BSD Exhibition Hall 10 dalam dua gelombang.

Gelombang pertama mulai hari ini sampai besok, 14 Maret 2021. Lalu dilanjutkan tanggal 10-11 April 2021 untuk gelombang kedua. Pusat vaksin ini menargetkan untuk memvaksinasi 5.000 lansia dan pekerja publik di sektor transportasi.

Bagi lansia dan pekerja publik di sektor transportasi yang ingin divaksin, kalian harus mendaftar dengan mengisi formulir daring yang tersedia di GrabHealth powered by Good Doctor. Setelah pendaftaran dikonfirmasi, nanti informasi jadwal vaksinasi akan tersedia.

Penerima vaksin yang memasuki area Drive-Thru akan diskrining terlebih dahulu untuk memastikan bahwa mereka memenuhi kriteria penerima vaksin. Untuk kendaraan, mobil dan motor yang lolos tahap skrining akan diarahkan ke salah satu jalur yang terbuka untuk pendaftaran. 

Sekretaris Daerah Provinsi Banten, Dr. Al Muktabar, mengapresiasi hadirnya Grab Vaccine Center Provinsi Banten.

“Vaksin sangat penting untuk meningkatkan kekebalan dan menurunkan kerentanan terhadap virus. Sinergi antara sektor swasta dan pemerintah dalam pendistribusian vaksin COVID-19 dapat mempercepat pencapaian kekebalan kelompok terhadap virus Corona di tanah air dan memacu produktivitas sosial dan ekonomi di masa depan. Kami berharap best practice dari Grab Vaccine Center Provinsi Banten dapat menjadi acuan dalam pendistribusian vaksin secara efektif dan aman di Provinsi Banten,” ujarnya.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait