Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URtech

Awas! Ada Situs Mirip PeduliLindungi yang Curi Data Pengguna

Afid Ahman,
sekitar 2 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Awas! Ada Situs Mirip PeduliLindungi yang Curi Data Pengguna
Image: Aplikasi PeduliLindungi. (Instagram @kemenkominfo)

Jakarta - Situs PeduliLindungi saat ini sering dikunjungi masyarakat untuk cek dan download sertifikasi vaksin COVID-19. Kondisi ini dimanfaatkan pihak tak bertanggung jawab untuk membuat situs yang mirip untuk mencuri data.

Juru bicara Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mengatakan pihaknya menemukan situs palsu yang menyerupai PeduliLindungi. Situs tersebut beralamatkan pedulilindungia.com.

Dedy memastikan seluruh isi dan informasi dalam situs pedulilindungia.com tidak terkait dengan situs PeduliLindungi.id. Selain itu situs tersebut tidak berhubungan dengan upaya pemerintah melakukan penanganan COVID-19 dalam bentuk apapun,” jelas Dedy

“Perhatikan urlnya pedulidingungiA.com ada huruf A nya. Situs ini mengumpulkan data2 pribadi kita. Jangan akses situs ini. Jadi kalau ada dapat sebaran soal pedulilindungi dan disuruh click link, perhatikan linknya,” ujar Dedy.

1631185505-hoax.jpegSumber: Situs pedulilindungia.com. (Kominfo)

Kementerian Kominfo telah memutus akses terhadap situs pedulindungia.com yang menggunakan atribut logo, gambar, dan tampilan menyerupai situs pedulilindungi.id.

“Saat ini sedang dalam proses update sistem dari masing-masing ISP (Internet Service Provider),” ungkap Dedy.

Pemerintah menggunakan aplikasi Pedulilindungi untuk melakukan upaya surveilans kesehatan sesuai Keputusan Menteri Kominfo No. 171 Tahun 2020 Tentang Penetapan Aplikasi Pedulilindungi Dalam Rangka Pelaksanaan Surveilans Kesehatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) beserta perubahannya.

Kementerian Kominfo mengimbau masyarakat agar selalu waspada terhadap segala disinformasi terkait situs dan aplikasi palsu yang mengatasnamakan PeduliLindungi dalam bentuk apapun.

“Kami menghimbau masyarakat untuk hanya mengakses situs resmi pedulilindungi.id dan aplikasi resmi pedulilindungi di app store dan google play store,” pungkas Dedy.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait