beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URguide

Awas, Hacks Minuman Soda Ini Bisa Bikin Gigi Keropos

Awas, Hacks Minuman Soda Ini Bisa Bikin Gigi Keropos
Image: Ilustrasi Minuman Bersoda. (Pexels)

Jakarta - Ada sebuah video hacks resep minuman soda di TikTok mengklaim jika campuran cuka balsamic dan air soda beraroma bisa menciptakan alternatif soda yang 'lebih sehat'. 

Bahkan video itu telah ditonton lebih dari 6,3 juta kali di TikTok. Padahal menurut para peneliti dari American Dental Association, menambahkan asam ke minuman bebas gula kemungkinan akan mengikis gigimu.

"Saya suka cuka balsamic, tetapi saya lebih menikmatinya di salad saya daripada di gelas minum saya. Ini jauh lebih baik untuk gigi daripada mencampurkannya dalam dua minuman asam,” kata jubir American Dental Association, Dr. Edmond Hewlett melansir Study Finds.

Edmond mengatakan, semakin asam minuman itu, akan semakin besar risiko erosi gigi jika dikonsumsi secara rutin atau sering. Makanan dan minuman asam bisa merusak lapisan email pelindung gigi kita. Proses ini dikenal sebagai erosi gigi dan sifatnya permanen.

Nah setelah erosi terjadi, tidak ada jalan untuk mengembalikannya seperti semula. Ini akan membuat gigi jadi jauh lebih rentan terkena gigi berlubang dari bakteri penyebab infeksi. Erosi juga bisa membuat gigi terlihat berubah warna menjadi kekuningan yang disebut dentin.

Para peneliti akhirnya coba membuktikan apakah benar air kemasan non-karbonasi, air soda beraroma, dan air soda bisa menyebabkan erosi pada gigi.

Untuk menelitinya, tim merendam kumpulan gigi manusia yang baru saja dicabut ke dalam tujuh minuman bebas gula yang berbeda. Mereka merendam gigi selama 24 jam lalu mengamatinya untuk melihat minuman mana yang menyebabkan erosi.

Hasilnya, peneliti menemukan jika asam dalam soda manis dan bebas gula menyebabkan enamel gigi terkikis. Pemanis khusus yang digunakan dalam soda tidak terlalu berpengaruh.

Untuk itu Edmond menyarankan agar mengonsumsi minuman bersoda dalam jumlah yang sedang saja. Bisa juga ganti dengan minum air biasa atau susu jika ingin gigimu sehat.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait