menu
user
Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URtech

Awas, 'Nilai Twitter Saya' Bisa Akses Data Pribadimu!

Afid Ahman,
3 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Awas, 'Nilai Twitter Saya' Bisa Akses Data Pribadimu!
Image: Ilustrasi Twitter. (Pixabay)

Jakarta - Setelah sempat heboh Oktober lalu, 'Nilai Twitter Saya' kembali jadi perbincangan hangat netizen di Tanah Air pada Senin (8/2/2021). Hati-hati bila ikutan, bisa-bisa mengakses data pribadi kamu.

'Nilai Twitter Saya' merupakan laman web dan aplikasi roundyearfun yang akan mengukur harga akun seseorang. Untuk mendapatkan 'Nilai Twitter Saya', kamu harus memasukan ID dan password akun Twitter-nya. Tak hanya itu, laman tersebut meminta banyak akses.

Baca Juga: Trending Twitter, Ramai Netizen Ajak #PindahkeTelegram

"Sekedar mengingatkan sebagai anak IT, untuk Nilai Twitter Saya tolong dilihat kembali akses yang diminta mereka. Secara tidak langsung kalian memberikan akses. Padahal Nilai Twitter sebenarnya cukup simpel dengan kalkulasi ala ala, hati hati aja intinya," seru akun @kingojan210.

Dan memang, izin akses yang diminta oleh laman 'Nilai Twitter Saya' terlalu riskan untuk dipenuhi. Dan hal tersebut bisa membahaya bagi akun pengguna Twitter.

Adapun yang diminta timeline, informasi profil dan pengaturan akun, serta melihat akun yang difollow, mute dan blok. Dan yang paling mengkhawatirkan laman ini meminta akses untuk memungkinkan mereka follow dan unfollow akun, update profil kamu, posting dan menghapus tweet.

1612770859-NIlai-Twitter-Saya.pngSumber: Waspada, 'Nilai Twitter Saya' bisa mengakses data-data pribadi pengguna media sosial Twitter (@kingojan210/tangkapan layar Twitter)

Mereka bisa ngelike, replay, retweet pakai akunmu. Bahkan bisa mute, block dan report akun. Ini artinya akun kamu diserahkan sepenuhnya ke 'Nilai Twitter Saya' untuk dikelola.

"Salah satu solusinya kalian bisa revoke access. Ini aku pakai web twitter ya. Klik More -> Settings -> Privacy and Safety -> Apps and Sessions -> Terus klik aplikasi dan Revoke Access," saran King Ojan.

"Balik lagi yaaa, sebenarnya tinggal di revoke access. tapi perlu dipahami, data sudah di simpan di server mereka yang sebelum kamu revoke dan dipelajari. kind of like data analyst gitu. ya intinya hati hati aja.. no harm guyss," lanjutnya.

Jadi UrbanReader berhati-hati memberikan akses. Ada baiknya melihat permintaan akses apa saja yang diminta sebelum memberikan izin. Sehingga data pribadi kamu tetap aman dan tidak disalahgunakan.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait