beautydoozy skinner
urbanasia skinner
Beautydoozy

Ayu Saraswati, Tour Guide Pemimpin G20 di Tahura Bali

Kintan Lestari,
17 November 2022 15.15.48 | Waktu baca 2 menit
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Ayu Saraswati, Tour Guide Pemimpin G20 di Tahura Bali
Image: Momen Putu Ayu Saraswati saat memandu delegasi G20 di Taman Hutan Raya (Tahura). (Tangkapan layar YouTube Sekretariat Presiden)

Jakarta - Ajang KTT G20 yang berlangsung tanggal 15 dan 16 November 2022 memang sudah berakhir. Meski hanya berlangsung dua hari, banyak momen menarik yang muncul dan jadi perhatian publik. Salah satunya adalah tour guide cantik yang menjelaskan soal tanaman mangrove pada para delegasi G20.

Banyak netizen penasaran siapakah perempuan cantik tersebut? Rupanya dia adalah Putu Ayu Saraswati. Di acara tersebut, Ayu terlihat memandu para petinggi negara di Taman Hutan Raya (Tahura) Ngurah Rai, Denpasar, Bali. Dengan mengenakan baju motif batik dan celana putih, Ayu tampak menjelaskan soal tanaman mangrove dengan bahasa Inggris pada para delegasi G20. 

Putu Ayu Saraswati sendiri merupakan Puteri Indonesia Lingkungan 2020 karena menjadi Runner up 1 Puteri Indonesia 2020. Setelah mengikuti Puteri Indonesia, perempuan kelahiran 6 Juli 1997 menjadi perwakilan Indonesia di ajang Miss International 2020.

1668672366-Putu-Ayu-Saraswati.jpgSumber: Putu Ayu Saraswati. (Instagram @ayusarasw)

Perempuan yang tumbuh besar di Bali ini merupakan anak sulung dari tiga bersaudara. Sejak remaja, dirinya sudah sering ikut forum internasional, di antaranya Youth Gathering Sunburst Youth Camp 2014 di Singapura, International Community Development 2013 di San Francisco, serta Global Creative Leadership Summit di New Delhi.

Ayu menempuh perkuliahan di Universitas Udayana dan keluar dengan gelar sarjana kedokteran. Dia juga rutin menulis untuk jurnal internasional dan aktif berbicara dalam forum Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia serta di Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia.

Ayu juga punya jiwa sosial yang tinggi. Dia pernah bergabung bersama Komunitas Ketimbang Ngemis, yakni komunitas non-profit sebagai wadah penyalur donasi dan bantuan kepada lansia yang membutuhkan sehingga mereka tidak perlu mengemis.

Dengan segudang prestasinya, tak heran Putu Ayu Saraswati dipercaya menjadi tour guide untuk para delegasi G20 di acara hari kedua KTT G20. 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait