beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URnews

Bacaan Niat Puasa Tarwiyah Bahasa Arab, Latin, dan Artinya

Kintan Lestari,
6 Juli 2022 14.15.02 | Waktu baca 2 menit
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Bacaan Niat Puasa Tarwiyah Bahasa Arab, Latin, dan Artinya
Image: Ilustrasi berdoa. (Freepik/Rawpixel.com)

Jakarta - Banyak amalan baik yang akan kamu dapat di 10 hari pertama bulan Dzulhijjah. Kebaikan itu didapat melalui banyaknya amal ibadah yang bisa dilakukan, salah satunya Puasa Tarwiyah. Seperti apa bacaan niat puasa Tarwiyah?

Sebelum kita cari tahu seperti apa bacaan niat puasa Tarwiyah, kamu perlu tahu dulu nih kenapa sih kamu harus melaksanakan puasa sunah ini. 

Pengertian dan Keutamaan Puasa Tarwiyah

Puasa Tarwiyah adalah puasa sunah yang dilakukan setiap tanggal 8 Dzulhijjah. Kalau berdasarkan kalender pemerintah, puasa sunah ini jatuh tanggal 8 Juli 2022. Namun kalau kamu pengikut Muhammadiyah, maka puasa ini jatuh tanggal 7 Juli 2022. Perbedaan tanggal ini lantaran ada perbedaan ketika penghitungan penetapan awal bulan Dzulhijjah.

Nah, tanggal berapa pun yang kamu ambil nantinya, kamu tetap akan mendapatkan keutamaan ketika melaksanakan puasa ini. Adapun keutamaan yang didapatkan ketika melaksanakan ibadah puasa ini adalah dosanya setahun yang lalu akan diampuni Allah.

Hal itu didasarkan pada sabda Nabi Muhammad SAW dalam hadis yang diriwayatkan oleh Ibnu An-Najjar dan Abdullah bin Abbas.

صوم يوم التروية كفارة سنة وصوم يوم عرفة كفارة سنتين 

Artinya: "Puasa hari Tarwiyah dapat menghapus dosa setahun. Puasa hari Arafah dapat menghapus dosa dua tahun" (HR Abus Syekh Al-Ishfahani dan Ibnu Najar). 

Niat Puasa Tarwiyah

Setelah mendapat informasi soal keutamaan puasa Tarwiyah, kamu kini tahu kan kenapa harus menjalankan puasa sunah ini. Tapi, bagaimana niat puasanya?

Berikut niat puasa Tarwiyah dalam bahasa arab, latin, beserta artinya.

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ أَدَاءِ سُنَّةِ يَوْمِ التَّرْوِيَةِ لِلهِ تَعَالَى 

Latin: Nawaitu shauma ghadin ‘an adā’i sunnati yaumit tarwiyah lillâhi ta'ālā. 

Artinya: "Aku berniat puasa sunnah Tarwiyah esok hari karena Allah SWT."

Itu dia bacaan niat puasa Tarwiyah dalam bahasa Arab, latin, beserta artinya. Semoga informasinya bermanfaat untukmu, Urbanreaders!

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait