Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URnews

Bansos Digital: Inisiatif Digitalisasi Bagi UMKM saat Pandemi

Deandra Salsabila,
2 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Bansos Digital: Inisiatif Digitalisasi Bagi UMKM saat Pandemi
Image: Ilustrasi bansos digital (HIGO)

Jakarta - Seperti yang diketahui, aturan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) diperpanjang hingga tanggal 24 Agustus 2021 untuk wilayah Bali dan Jakarta. Namun dampak untuk kelangsungan UMKM akan tetap terasa, khususnya UMKM yang bergerak dalam industri makanan karena pembatasan dine-in. 

Maka, salah satu cara yang paling tepat agar pelaku usaha di bidang F&B dapat bertahan adalah dengan memanfaatkan digital sebagai strategi marketing. HIGO pun hadir untuk membantu para pelaku usaha, khususnya UMKM dengan membuat Bansos Digital. 

Bansos Digital merupakan program digitalisasi yang dibuat oleh HIGO untuk membantu UMKM atau pemilik cafe yang tidak memiliki teknologi dan tim yang memadai untuk memudahkan dan menjangkau konsumen secara lebih luas.

Ada dua fasilitas dari program Bansos Digital ini, yaitu mulai dari pembuatan QR Menu dan email marketing. 

Pemilik UMKM atau cafe hanya perlu mendaftarkan usaha mereka melalui microsite yang sudah disediakan oleh tim HIGO. Berikut adalah cara untuk mendaftar dalam program Bansos Digital:

1. Kunjungi qr.higo.id/register

2. si semua informasi yang diperlukan

3. Setelah itu login dengan akun yang digunakan saat registrasi

4. Buat QR Menu dengan memasukkan soft file yang berisi gambar semua menu yang dimiliki.

5. Setelah itu kamu bisa gunakan link yang berisi menu digital untuk di share ke semua media sosial yang kamu miliki. 

Setelah QR Menu berhasil dibuat, kamu dapat menikmati fasilitas email marketing. Email marketing tidak hanya dapat berisi gambar serta link QR Menu yang kamu buat, tetapi juga materi promo yang sedang kamu jalankan hingga berbagai link media sosial, hingga e-commerce yang dimiliki. 

HIGO akan membantu mengirimkan email ke list yang dimiliki sesuai dengan lokasi dari UMKM atau cafe tersebut jika kamu tidak memiliki list email yang ingin dikirim.

Maka, jika UMKM atau cafe berlokasi di Jakarta Barat, list email yang ditargetkan adalah mereka yang tinggal di wilayah Jakarta Barat juga. Hal ini bertujuan untuk menarik lebih banyak pengunjung melakukan pembelian. 

Jika kamu bukan pelaku UMKM atau pemilik cafe, kamu dapat membagikan informasi ini ke sahabat, teman, atau orang sekeliling yang membutuhkan. Program Bansos Digital ini pun diharapkan dapat memupuk semangat para pelaku UMKM atau pemilik cafe di tengah pandemi ini.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait