Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URnews

Batal di Monas, Ancol Resmi Jadi Venue Formula E 2022

Griska Laras,
27 hari yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Batal di Monas, Ancol Resmi Jadi Venue Formula E 2022
Image: Balap Formula E beberapa waktu lalu. Sumber: Instagram @fiaformulae

Jakarta - Taman Impian Jaya Ancol resmi menjadi venue Formula E Jakarta 2022. Ketua Pelaksana Formula E, Ahmad Sahroni, mengatakan bahwa ajang balap mobil listrik itu akan dihelat di Jakarta International E-prix Circuit (JIEC). 

“Baru tadi pagi dikasih persetujuan untuk (lokasi) penyelenggaraan Formula E di Jakarta adalah Ancol,” kata Ahmad Sahroni seperti dilansir Antara, Rabu (22/12/2021). 

Ahmad Sahroni menyebut penentuan lokasi Formula E Jakarta 2022 telah melalui serangkaian kajian mendalam dari pihak Formula E Operation (FEO) dan Federasi Otomotif Internasional (FIA). 

Ancol dipilih karena terkenal sebagai ikon Kota Jakarta dan tempat yang dinamis. Lokasinya juga tidak mengganggu masyarakat karena jauh dari akses jalan umum. 

JIEC sendiri memiliki panjang lintasan 2,4 kilometer dan lebar 12 meter. Jika dilihat dari atas, desain trek sirkuit berbentuk seperti kuda lumping dengan 18 tikungan. 

Sebagai informasi, Jakarta resmi menjadi tuan rumah ABB FIA Formula E pada 4 Juni mendatang. Keputusan tersebut ditetapkan melalui FIA World Motor Sport Council di Paris pada 15 Oktober lalu. 

Ajang balap ini awalnya akan diselenggarakan di Monumen Nasional (Monas), namun batal karena terkendala izin pemerintah pusat.   

Penyelenggara Formula E juga sempat menyiapkan lima lokasi alternatif sebagai opsi untuk venue pengganti, mulai dari JIExpo Kemayoran, Senayan, serta Pantai Maju dan Pantai Bersama di Pulau Reklamasi. 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait