beautydoozy skinner
urbanasia skinner
Beautydoozy

4 Tips Bilang 'Tidak' dengan Sopan di Tempat Kerja

Kintan Lestari, 31 Januari 2022 18.36.21
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
4 Tips Bilang 'Tidak' dengan Sopan di Tempat Kerja
Image: Ilustrasi bilang tidak. (Freepik/wayhomestudio)

Jakarta - Urbanreaders, kalian pernah ngalamin nggak, momen saat sebenarnya kamu nggak mau melakukan sesuatu tapi nggak bisa bilang 'tidak' karena merasa nggak enak? Hal itu rasanya menyebalkan banget ya?

Apalagi kalau di tempat kerja, di mana posisi kamu masih anak baru atau belum berkeluarga. Pasti ada oknum di kantor yang meminta melakukan banyak hal dan kamu sungkan menolaknya karena takut dicap buruk.

Menjadi orang yang selalu mengiyakan permintaan orang lain tidak akan berakhir baik untukmu. Pekerjaan kamu jadi tersingkir karena beban permintaan orang lain dan akhirnya menyebabkan kamu lelah. 

Kalau niatanmu supaya dihormati atau disukai orang lain, ingat kalau mendapatkan rasa hormat di tempat kerja bukan tentang seberapa banyak kamu menyenangkan orang, tetapi seberapa baik kamu dalam melakukan tugas yang diberikan.

Jadi, cobalah untuk belajar mengatakan 'tidak' pada orang lain. Dan lakukan juga dengan sopan supaya kamu terhindar dari citra buruk. Bagaimana caranya?

Berikut Urbanasia bagikan 4 tips mengatakan tidak dengan sopan di tempat kerja yang dilansir dari MUO.

1. Tegas dengan Jawabanmu

1643603269-bilang-tidak2.jpgSumber: Ilustrasi bilang tidak. (Freepik/jcomp)

Orang yang kamu tolak akan lebih menerima kalau kamu menjawabnya dengan keyakinan daripada menjawab yang tidak pasti seperti 'lihat nanti deh' atau 'ntar ya'. Daripada bertele-tele tapi tidak tegas, lebih baik langsung katakan 'tidak'.

Jawaban 'tidak' secara langsung akan membuat orang tersebut tahu bahwa kamu tidak akan berubah pikiran. Sementara kalau jawabanmu ragu-ragu, orang tersebut akan terus bertanya ke kamu dan akhirnya kamu menjawabnya dengan kekesalan.

2. Beri Penjelasan Singkat

1643073813-bullying.jpgSumber: Ilustrasi. (Freepik/Freepik)

Kamu sudah mengatakan tidak, tapi jangan langsung pergi. Berikan orang tersebut penjelasan singkat dan sederhana kenapa kamu tidak bisa membantu dia. Penjelasan singkat membuat penolakan kamu terdengar masuk akal. 

3. Sediakan Opsi Lain

1603164242-berteman-dengan-rekan-kerja5.jpgSumber: Freepik

Kamu sudah bilang tidak dan menolak membantu rekan kerjamu yang minta tolong saat itu. Tapi kamu bisa menyediakan opsi bagi mereka. Misalnya "2 jam lagi deh gue bantuin, sekarang lagi sibuk banget nih". Dengan begitu, mereka akan mengerti bahwa kamu bersedia membantu saat waktunya tepat. 

4. Yakin dengan Keputusanmu

1597687216-rekan-kerja-introvert2.jpgSumber: Ilustrasi. (Freepik)

Saat mengatakan tidak pada orang lain, terkadang kita jadi merasa bersalah. Dan ini membuat kita akhirnya berubah pikiran, lalu mengiyakan permintaan rekan untuk membantunya. Dan begitu kamu sadar tugasmu jadi menumpuk, kamu menyesal dan jadi menyalahkan diri sendiri.

Melakukan ini hanya akan mendiskreditkan penolakan yang sudah kamu lakukan, dan orang-orang tidak akan menganggap serius saat kamu menolak permintaan mereka lain kali. Setiap kali kamu menolak untuk melakukan tugas, yakinlah dengan jawabanmu itu. 

Nah, itu dia Urbanreaders 4 tips mengatakan tidak yang sopan di tempat kerja yang bisa kamu ikuti!

Ingat, kamu tidak akan pernah bisa menyenangkan semua orang. Jadi buang pemikiran nggak enakan sama orang lain. Hargai dirimu sendiri. Kalau beban tugasmu masih banyak, fokus ke pekerjaan kamu dulu. Kalau kamu senggang, baru beri bantuan ke rekan yang membutuhkan.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait