beautydoozy skinner
urbanasia skinner
Beautydoozy

Waspadai Sunscreen Pilling, Simak 3 Solusinya!

Izzah Putri Jurianto, 23 September 2022 18.19.35
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Waspadai Sunscreen Pilling, Simak 3 Solusinya!
Image: sunscreen tetap wajib dipakai meski sinar matahari tak 'segarang' di musim panas (Foto: freepik/gpointstudio)

Jakarta – Pernahkah kamu menggunakan sunscreen sebelum beraktivitas, namun beberapa jam kemudian wajah rasanya mengelupas dan muncul butiran-butiran seperti sedang scrub? Bisa jadi kamu mengalami sunscreen pilling, loh!

Padahal, sunscreen fungsinya adalah melindungi kulit dari sinar matahari. Kalau sudah begini, artinya fungsinya tidak lagi maksimal. Tak hanya itu, kamu jadi harus mengaplikasikan sunscreen secara berulang, yang akhirnya malah bikin boros produk. 

Tapi tenang aja, sunscreen pilling ini ada solusinya kok. Berikut adalah pandangan dari dunia medis soal terjadinya sunscreen pilling, yang diinformasikan langsung oleh dokter kulit, Dr. Dendy Engelman dan ahli kecantikan, Anna De La Cruz yang dikutip Urbanasia dari laman Byrdie.

Mengapa Sunscreen Bisa Mengalami Pilling?

Sebelum masuk ke pembahasan mengenai cara mengatasi sunscreen pilling, ada baiknya kita tahu terlebih dahulu penyebabnya. Mungkin kamu bertanya-tanya, kira-kira kenapa ya setiap pakai sunscreen, pasti bakal langsung pilling?

Faktornya ada dua, Guys. Pertama, kandungan produk yang kurang cocok untuk kulitmu. Kedua, yakni teknik kamu dalam mengaplikasikan sunscreen yang masih keliru. Kedua faktor itulah yang perlu kamu kenali terlebih dahulu untuk tahu solusinya.

1660536261-sunscreen-white-cast.jpgSumber: Sunscreen. (Freepik)

Apa Solusi untuk Sunscreen Pilling?

1. Urutan Pemakaian Skincare

Agar tidak terjadi sunscreen pilling, kamu perlu memperhatikan urutan pemakaian skincare routine kamu nih, apakah sudah benar atau belum. Pastikan kamu memulai rangkaian skincare dengan produk yang teksturnya paling ringan, ya.

Misalnya, kamu bisa menggunakan produk pembersih wajah, serum, moisturizer, lalu sunscreen sebagai penutup. Sebab, mengaplikasikan SPF memang harus dilakukan di tahap akhir agar kulit benar-benar terjaga dari paparan sinar UV.

2. Berikan Jeda Antar Produk Skincare

Tak hanya urutan pemakaiannya yang harus benar, kamu juga tidak disarankan untuk terburu-buru. Berikanlah jeda hingga sekitar 1 menit agar produk bisa meresap terlebih dahulu ke kulit.

Jika kulit masih terasa basah, artinya produk belum terserap sempurna. Anggap saja waktu menggunakan skincare sebagai me time, jadi next time kamu bisa lebih rileks!

3. Tandai Bahan-bahan Sunscreen

Ada beberapa bahan yang perlu diwaspadai ketika membeli sunscreen. Silicones, seperti dimethicone, amodimethicone, dan cyclomethicone, adalah kandungan yang dapat menyebabkan pori-pori tersumbat dan memicu sunscreen pilling. Sebab, cara kerjanya adalah dengan membentuk lapisan baru di kulit paling luar untuk melindunginya dari pengaruh luar.

Xanthan gum juga berpotensi menyebabkan pilling ketika menggunakan sunscreen. Meski bermanfaat, kandungan ini berfungsi sebagai penambah tekstur dalam sebuah produk, sehingga cenderung membuat kulit terasa berat dan akhirnya kurang nyaman digunakan.

Jika memang produk sunscreen yang saat ini kamu gunakan masih tetap menimbulkan sunscreen pilling, padahal kamu sudah mencoba cara-cara di atas, maka kamu boleh segera menggantinya dengan merk lain. Hal ini lebih baik daripada menggunakan sunscreen yang tidak melindungi kulit dengan optimal. Semoga bermanfaat!

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait