menu
user
URstyle

Begini Cara Merawat Rambut dengan Ramuan Alami

Yunidar Kusumaningsih,
sekitar 2 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Begini Cara Merawat Rambut dengan Ramuan Alami
Image: Ilustrasi Rambut Indah. (Foto: Pixabay/Element5 Digital)

Jakarta - Bagi sebagian besar perempuan di dunia, rambut adalah mahkota yang penting untuk dijaga kesehatannya setiap saat. Bahkan banyak wanita rela mengeluarkan budget fantastis untuk sekadar melakukan perawatan rambut.

Mempunyai rambut sehat dan kuat memang menjadi dambaan bagi setiap orang, tapi seiring bertambahnya usia dan ditambah dengan banyaknya aktifitas, masalah yang terjadi pada rambut pun sering sekali muncul, mulai dari rambut rontok, rambut kering, rambut kusam, dan  lainnya.

Untuk mengatasi masalah tersebut, mulailah mencoba merawat rambut kamu dengan cara yang lebih alami, dibandingkan harus mengeluarkan budget mahal di salon untuk melakukan perawatan rambut.

Buat kamu yang suka cara-cara alami untuk merawat rambut, berikut Urbanasia kasih tips yang bisa kamu coba di rumah.

Rawat Rambut Rusak dengan Cuka Apel

1614135388-Ilustrasi-Cuka-Apel.jpgSumber: Ilustrasi Cuka Apel. (Foto: Freepik/rawpixel-com)

Cuka apel dipercaya dapat membersihkan rambut dari sel-sel kulit mati. Cairan asam pada cuka apel juga dapat membantu mengatasi rambut yang kusut dan sulit diatur.

Untuk membuat masker rambut dari cuka apel, campurkan setengah butir alpukat, 2 sendok argan oil, 10 tetes rosemary essential oil dan 1 sendok cuka apel.

Oleskan masker pada rambut, mulai dari akar hingga ujung rambut. Jepit rambut dan diamkan selama 15 menit. Jangan lupa untuk membilasnya menggunakan shampo. Catatan, perawatan rambut ini sebaiknya dilakukan cukup 1 kali saja dalam 1 bulan ya Urbanreaders.

Usir Gatal pada Kulit Kepala dengan Lemon dan Yogurt

1614135638-greek-yoghurt.jpgSumber: Ilustrasi Yoghurt. (Foto: Freepik)

Udara dingin kadang kala membuat rambut menjadi kering, gunakan campuran air perasan lemon dan minyak zaitun untuk mengatasi masalah rambut tersebut.

Kandungan asam pada lemon dapat membantu memeliara kesehatan kulit kepala dan mencegah ketombe atau sel kulit mati penyebab rambut rontok. Sedangkan minyak zaitun akan membantu melembabkan helai-helai rambut.

Campurkan 2 sendok air perasan lemon, 2 sendok makan minyak zaitun, dan 2 sendok makan air. Pijatkan campuran lemon dan minyak zaitun tersebut ke kulit kepala yang basah. Tunggu sekitar 20 menit lalu bilas rambut hungga bersih. Lanjutkan dengan berkeramas seperti biasa.

Perawatan Rambut dari Bahan Alami, Pisang

1614135748-Ilustrasi-Pisang.jpegSumber: Ilustrasi Pisang. (Foto: pixabay/ Vanessa Loring)

Bukan hanya sekadar enak dimakan dan mengandung banyak nutrisi baik bagi tubuh. Tapi, buah pisang juga dapat digunakan sebagai bahan alami masker rambut.

Pisang mengandung mineral sillica yang dapat membantu tubuh memproduksi kolagen. Kandungan kolagen tersebut akan membuat rambut menjadi kuat dan lebih lebat.

Campurkan dua buah pisang yang sudah matang dan setengah cangkir santan kedalam blender. Oleskan pisang yang sudah diblender tersebut pada rambut biarkan hingga 30 menit, lalu bilas menggunakan air hangat.

Atasi rambut Kusut dengan Alpukat

1614135801-alpukat-pixabay-by-anne.jpegSumber: Ilustrasi Alpukat. (Foto: Pixabay/Anne)

Alpukat banyak mengandung antioksidan, biotin, vitamin A dan E. Kombinasi nutrisi tersebut dapat digunakan untuk melembutkan rambut yang kusut dan sulit diatur.

Lumatkan setengah butir alpukat lalu oleskan pada rambut yang sudah dibasahi sebelumnya. Tunggu hingga 15 menit sebelum kamu membilasnya dengan air bersih. Perawatan ini bisa kamu lakukan 2 kali dalam seminggu untuk memperoleh hasil maksimal.

Melembabkan Rambut dengan Mentega

1614135953-Mentega.jpgSumber: Ilustrasi Mentega. (Foto: Pinterest/ The Kitchn)

Perawatan rambut menggunakan mentega sudah dilakukan sejak dahulu kala. Mentega digunakan oleh masyarakat Eutophia untuk melembabkan juga melindungi rambutnya dari kerusakan yang disebabkan oleh sinar matahari.

Untuk kamu yang mempunyai rambut cenderung bergelombang atau keriting, mentega ini bisa kamu jadikan masker alami untuk menjaga volume rambutmu dan memberikan efek melembabkan secara alami.

Cara menggunakannya adalah keluarkan mentega dari dalam kulkas, lalu diamkan terlebih dahulu hingga mencapai suhu ruang. Ambil beberapa sendok dan oleskan pada rambut. Tutup rambut dengan shower cap dan biarkan hingga 1 jam. Bilas rambut dengan cara keramas seperti biasanya.

Nah, itulah 5 tips merawat rambut menggunakan bahan-bahan alami yang bisa kamu buat sendiri di rumah. Semua bahannya mudah didapat dan tentunya lebih hemat biaya dibandingkan harus melakukan perawatan di salon. Semoga informasi ini bermanfaat, selamat mencoba.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait