menu
user
URstyle

Mau Rambut Kamu Lebih Sehat? Lakukan 6 Hal Ini

Itha Prabandhani,
sekitar 2 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Mau Rambut Kamu Lebih Sehat? Lakukan 6 Hal Ini
Image: ilustrasi rambut sehat (Freepik/gpointstudio)

Jakarta - Rambut yang sehat, tebal, dan berkilau dapat menunjang penampilan kamu jadi lebih menarik. Untuk menjaga rambut kamu tetap sehat, lakukanlah perawatan rutin sehari-hari yang akan menutrisi dan menguatkan rambutmu.

 Merawat rambut nggak terlalu ribet kok, guys. Bahkan, kamu bisa mengambil manfaat dari hal-hal sehari-hari yang nggak kamu duga. Yuk simak beberapa tips yang dilansir Urbanasia dari Webmd berikut ini.

1. Makan Makanan Sehat

fruit-2305192_640.jpgSumber: Ilustrasi makanan sehat (Pixabay)

Makanan sehat dan bernutrisi yang baik buat tubuhmu, juga bisa kamu manfaatkan untuk menjaga kesehatan rambut dan kulit kepala, loh. 

Beberapa jenis makanan seperti ikan salmon, kacang-kacangan, sayuran hijau, dan wortel, akan membuat kulit kepala lebih sehat dan akar rambut lebih kuat.

2. Pijat Kulit Kepala

1603370821-menata-rambut.jpgSumber: Ilustrasi menata rambut. (Freepik)

Selagi keramas, sempatkan untuk memijat-mijat kulit kepala kamu sekitar 5 menit. Kamu bisa menggunakan air hangat agar tidak merasa kedinginan saat membiarkan rambut basah cukup lama. Jangan lupa, gunakan kondisioner untuk menjaga kelambapan rambutmu.

3. Atasi Masalah Rambut dan Kulit Kepala

1607852220-ketombe.jpgSumber: Ilustrasi ketombe (Freepik)

Jangan biarkan masalah rambut dan kulit kepala begitu aja, guys. Kalau kamu bermasalah dengan rambut bercabang, potonglah bagian yang bercabang dan tambahlah kondisioner yang mengandung protein untuk merawatnya. 

Untuk kamu yang berketombe, gunakan shampo khusus untuk mengatasi masalah ketombe kamu. Membiarkan rambut bermasalah akan membuat rambut semakin rapuh dan rusak.

4. Hindari Hair Dryer Terlalu Panas

1602653501-rambut-berwarna.jpgSumber: Ilustrasi rambut berwarna (Freepik)

Jika kamu ingin mengeringkan rambut dengan hair dryer, gunakan suhu yang sedang agar rambut kamu tidak terlalu ‘tersiksa’ dengan panasnya. 

Selain itu, gunakan smoothing spray untuk melindungi rambutmu saat ditata dengan styling iron atau straightening iron.

5. Gunakan Sisir yang Tepat

1612859978-rambut-rontok.jpgSumber: Ilustrasi rambut rontok. (Freepik/doucefleur)

Gunakan sisir bergigi jarang, jika rambutmu kusut. Jangan memaksakan untuk menyisir dengan sisir rapat, karena akan membuat banyak rambutmu rontok.

Selain itu, hindari menyisir rambut saat basah. Sisir yang paling tepat untuk digunakan sehari-hari adalah sisir dengan ujung seperti bola-bola kecil, yang akan membantu melancarkan peredaran darah di kepalamu.

6. Jangan Mengikat Rambut Terlalu Kencang

1613960355-ikat-rambut---freepik-cookie-studio.jpgSumber: Ilustrasi mengikat rambut (Freepik/cookie_studio)

Untuk menata rambut, kamu mungkin sering menguncir atau mengepang rambutmu. Namun, cara ini bisa memberi tekanan yang kuat pada rambut dan kulit kepala, sehingga rambut mudah rontok. 

Hindari mengikat rambut terlalu kencang dan biarkan kepang rambut kamu agak longgar, supaya rambut tetap bisa bergerak dengan bebas.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait