Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URedu

Berbagai Pilihan Jurusan Kuliah untuk IPA

Elga Nurmutia,
23 hari yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Berbagai Pilihan Jurusan Kuliah untuk IPA
Image: Mahasiswa kedokteran. (Freepik/Snowing)

Jakarta - Bagi kamu yang sudah memasuki masa kelas 12 atau calon mahasiswa, apakah sudah terpikirkan akan masuk jurusan apa? Kini, kamu bisa mulai memilih ingin masuk jurusan kuliah seperti apa, jika kamu IPA pilihlah yang sesuai dengan keinginan kamu. 

Bagi siswa jurusan IPA, berbagai pilihan jurusan bisa kamu pilih untuk masuk kuliah. Mulai dari Kedokteran hingga Teknik, bisa menjadi pilihan yang cocok untuk kamu.

Kali ini, kamu tidak perlu khawatir kebingungan memilih masuk jurusan apa. Karena, Urbanasia sudah merangkumnya dari berbagai sumber, Selasa (28/9/2021).

Berikut merupakan 15 Jurusan Kuliah untuk IPA:

1. Astronomi

Ketika kamu masuk jurusan ini, ada sub-bidang kajian yang dibagi menjadi tiga, yakni Galaksi dan Kosmologi, Tata Surya, dan Fisika Bintang. Selain itu, ada juga mata kuliah yang akan kamu pelajari seperti kalkulus, termodinamika, geometri, algoritma pemrograman,fisika kuantum, dan juga mekanika.

2. Geografi

Dalam jurusan yang satu ini kamu akan diberikan pembekalan pengetahuan untuk menganalisis persoalan yang terkait dengan ekologi dan kajian wilayah. Mata kuliah yang akan dipelajari, seperti Evaluasi dan Konservasi Sumber Daya Alam, Oseanografi,  Sistem Informasi Geografis,Geografi Pariwisata sampai mengenai Analisis Risiko Bencana Alam.

3. Bioteknologi

Jika masuk jurusan yang satu ini ada pembekalan mata kuliah keahlian wajib, yakni Mikrobiologi, Imunologi, Genetika, Kimia Pangan Fungsional, dan juga Bioinformatika, mahasiswa pun akan diberi ruang dalam memilih mata kuliah peminatan.

4. Kedokteran

Jurusan kedokteran ini mempelajari materi pembelajaran dengan bertahap, mulai dari dasar pemahaman fisiologis dan homeostasis, hubungan antara kondisi sehat dan sakit, sampai keterampilan klinis.

5. Kedokteran Hewan

Bagi kamu yang ingin masuk kedokteran hewan akan diberikan materi kuliah seperti, Profesi Veteriner dan Kesejahteraan Hewan, Farmakologi, Ilmu Bedah Umum Veteriner, Anatomi Veteriner dan juga Manajemen Kesehatan Satwa Akuatik. 

6. Kedokteran Gigi

Dalam jurusan kedokteran gigi pembelajarannya bertahap. Lalu, adapun mata kuliah yang dipelajari seperti, Oral Biologi, Farmakologi, Pedodonsia, Konservasi Gigi dan juga Ilmu Kesehatan Anak.

7. Teknik Geologi

Dalam jurusan teknik geologi, kamu akan mempelajari hal yang ada kaitannya dengan bumi, dimulai dari permukaan sampai ke isi bumi. Kajian yang dilakukan seperti,  mineral, gas bumi, nikel, hingga emas.

8. Teknik Sipil

Jurusan Teknik Sipil bersangkutan dengan pembangunan infrastruktur dan perancangan bangunan. Adapun contoh mata kuliah yang akan dipelajari, yaitu Penggambaran Struktur Bangunan Berbasis ARCHICAD, Manajemen Konstruksi & Aspek Hukum, Prasarana transportasi, Perencanaan Pelabuhan, dan Geometrik Jalan Raya.

9. Teknik Kimia

Jurusan Teknik ini mempelajari mata kuliah seperti, Pengantar Mikrobiologi Industri, ,Perancangan Alat Proses dan  Pengolahan Air dan Limbah Industri.

10. Teknik Perkapalan

Teknik Perkapalan kamu akan mempelajari mengenai kapal dengan mendalam dan dunia maritim secara umum. Dalam mata kuliahnya tetap ada Menggambar Teknik, Matematika Teknik, dan juga Komputasi Teknik.Sementara, didukung juga dengan mata kuliah keahlian, sebagai berikut, Teknik Perkapalan, misalnya Proses Manufaktur Kapal, Mekanika Fluida Dasar Kapal, sampai Merancang Kapal.

11. Teknik Elektro

Jurusan Teknik Elektro berhubungan dengan bidang kelistrikan. Mata kuliah keahlian yang seperti, Bahan Listrik, Konsep Telekomunikasi Sistem Mikroprosesor, Fisika Teknik dan juga Praktikum Konversi Energi.

12. Jurusan Ilmu Komputer

Ketika kamu memasuki jurusan Ilmu Komputer kamu akan bertemu dengan Pemrograman, Geospasial, Kecerdasan Buatan, Pengantar Teknologi, Keamanan Informasi, dan juga Data Mining. 

13. Jurusan Sistem Informasi

Ketika memasuki Jurusan Sistem Informasi kamu akan bertemu dengan Basis Data, Statistika Inferensi, Sistem Informasi, Jaringan Komputer dan Pemrograman Web. 

14. Jurusan Informatika

Jurusan Informatika akan bertemu dengan mata kuliah seperti, Rekayasa Lunak, Fundamental Pengembangan Aplikasi, Sistem dan Jaringan Komputer,dan juga Pengembangan Aplikasi Informatika Medis. Lalu, bisa juga memilih mata kuliah sebagai berikut, Keamanan Siber, Kapita Selekta Informatika Medis, Big Data, Forensika Digital,  dan Informasi, serta Intelijen Bisnis.

15. Jurusan Teknologi Informasi

Ada sejumlah mata kuliah yang sejenis untuk Jurusan Teknologi Informasi dengan Jurusan Sistem Informasi, misalnya Pemrograman Web dan Jaringan. Jurusan yang satu ini mampu mendorong sejumlah bagian lainnya, seperti Arsitektur Data, Desain Interaksi, Sistem Sensor dan Aplikasi, Efek Visual dan Animasi, bahkan Digital Forensik.

Nah, itu dia 15 jurusan yang bisa kamu pilih untuk jurusan IPA. Semoga bermanfaat!

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait