beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URoto

Berencana Beli Mobil Listrik? 5 Hal Ini Perlu Diperhatikan!

Rasya Azzahra,
8 April 2022 17.55.35 | Waktu baca 3 menit
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Berencana Beli Mobil Listrik? 5 Hal Ini Perlu Diperhatikan!
Image: Freepik/frimufilms

Jakarta – Saat ini tren mobil listrik semakin populer di kalangan masyarakat. Desainnya yang stylish dan minim polusi karena hanya membutuhkan energi listrik, membuat mobil listrik ini jadi pilihan untuk dibeli.

Sama seperti mobil konvensional, sebelum membeli mobil listrik tentunya kamu perlu memperhatikan beberapa hal agar sesuai dengan kemauan dan kebutuhan, apalagi jika kamu adalah seorang pemula pada bidang mobil listrik.

Nah, dilansir dari berbagai sumber, berikut beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum kamu membeli mobil listrik!

1. Beli Sesuai Kebutuhan

Saat membeli mobil listrik, kamu harus tahu lebih dahulu mobil seperti apa yang kamu butuhkan. Karena mobil listrik memiliki banyak jenis, sehingga kalau kamu butuh tempat duduk yang banyak dan bagasi besar untuk keluarga maka pilihlah mobil dengan dimensi besar.

Sebaliknya, jika hanya digunakan untuk sendiri dan dipakai untuk bolak-balik ke kantor, sebaiknya pilih mobil dengan dimensi yang lebih kecil. Karena itu, pikirkan terlebih dahulu apa saja yang kamu butuhkan dari mobil tersebut.

2. Pastikan Daya Listrik di Rumah

1649328779-Pengisian-daya-mobil-listrik-(freepikfrimufilms).jpegSumber: Pengisian daya mobil listrik (freepik/frimufilms)

Tentunya mobil listrik harus diisi ulang di rumah, sehingga kamu perlu membuat charging station. Karena itu, pastikan daya listrik yang kamu gunakan di rumah itu cukup untuk melakukan pengisian ulang untuk mobil listrik.

Jika daya listrik rendah maka pengisian ulang pun akan lambat bahkan bisa membuat listrik mati. Maka dari itu, pastikan setidaknya kamu harus memiliki daya listrik sebesar 2200 watt. Namun, jika kamu bisa memiliki lebih dari 2200 watt itu akan sangat bagus, karena pengisian baterai akan bisa lebih cepat.

3. Perhatikan Jarak Tempuh

Selanjutnya kamu perlu mengetahui berapa jarak jauh yang bisa ditempuh mobil listrik yang kamu beli jika berada pada kondisi baterai penuh. Dengan begitu kamu bisa memperkirakan wilayah mana saja mobil kamu bisa berhenti karena kehabisan daya energi. Hal ini patut kamu perhatikan karena demi kenyamanan dan keamanan saat kamu mengendarainya.

4. Pastikan Ketersediaan Stasiun Pengisi Daya

1649328827-Mobil-listrik-(Freepikfrimufilms).jpegSumber: Mobil listrik (Freepik/frimufilms)

Selain jarak tempuh, stasiun pengisi daya juga harus kamu pastikan karena ini sangat berpengaruh terhadap bagaimana kamu melakukan pengisian daya baterai di luar rumah. Pastikan lokasi-lokasi yang sering kamu lewati memiliki stasiun daya isi ulang bagi mobil listrik. Dengan begitu, kamu tidak perlu khawatir jika mobil kehabisan energi.

5. Garansi Mobil Listrik

Garansi mobil adalah hal yang penting untuk kamu tanyakan, agar mengetahui kondisi apa saja yang bisa dilakukan claim jika terjadi kerusakan dan juga instansi apa yang harus diajak kerja sama terkait proses claim asuransi. Dengan begitu, kamu bisa mengatasi hal-hal yang tidak diinginkan dengan mudah jika telah membeli mobil listrik tersebut.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait