menu
user
Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URoto

Biar Kinclong, Ini 5 Cara Hilangkan Karat pada Motor 

Anisa Kurniasih,
5 hari yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Biar Kinclong, Ini 5 Cara Hilangkan Karat pada Motor 
Image: Ilustrasi mencuci motor (Suzuki Indonesia)

Jakarta - Memiliki sepeda motor bersih kinclong dan terjaga kondisinya pasti jadi dambaan semua orang ya, Urbanreaders. Akan tetapi seiring berjalannya waktu, motor pasti akan mengalami masalah, termasuk kondisi karatan. 

Penyebab karat muncul pada bodi motor disebabkan oleh banyak hal, di antaranya adalah terkena air hujan dan tidak segera dicuci. Karat pada motor pun tidak bisa hilang hanya dengan menggunakan air. 

Dalam hal ini, perlu beberapa bahan yang akan membantu karat hilang dari motor Anda. Simak penjelasannya di bawah ini.

Mungkin sebagian orang bingung mencari cara menghilangkan karat yang mudah, namun rupanya karat tetap bisa dihilangkan melalui beberapa cara dan sangat mudah untuk diterapkan loh. 

Melansir situs resmi Suzuki Indonesia, berikut ini cara mencegah dan menghilangkan karat yang terdapat pada motor. Di antaranya:

1. Pakai Bensin

1620113229-rantai-motor-karat.jpegSumber: Sepeda motor berkarat (Suzuki Indonesia)

Kamu bisa menghilangkan karat pada motor menggunakan bensin dengan nilai oktan 92. Caranya, cukup campurkan  bensin oktan 92 dan solar dengan perbandingan 1:2. Selanjutnya, oleskan campuran dari kedua cairan tersebut ke bagian motor yang berkarat. Ambil sikat gigi dan gosok-gosok menggunakan sikat tersebut. Karat pasti akan hilang dan motor akan kembali bersih.

2. Pakai Oli Bekas

1601358390-ganti-oli-motor.jpgSumber: Ilustrasi mengganti oli motor di rumah (https://www.federaloil.co.id)

Jika kamu baru saja mengganti oli, sebaiknya oli bekasnya jangan dibuang ya. Karena, oli tersebut bisa sangat bermanfaat di kemudian hari. Demikian juga saat bagian motor kamu mengalami karatan. Oli bekas tersebut dapat digunakan untuk menghilangkan karat di bodi motor.

Caranya dengan mengoleskan oli ke bagian motor yang mengalami karatan. Kemudian, gosok-gosok dengan sikat. Karat akan luntur dan hilang dari motormu. Selain motor bagian luar, oli juga bisa digunakan untuk membersihkan karat yang ada di bagian dalam.

Contohnya seperti pada knalpot, kamu bisa memasukkan oli bekas ke dalam knalpot melalui lubangnya. Setelah itu, hidupkan mesin dan biarkan suhu panas melunturkan karat-karat yang menempel. Jangan khawatir ketika lubang knalpot mengeluarkan asap karena efek panas dari mesin.

3. Pakai Baking Soda

1615017815-baking-soda---freepik-chandlervld85.jpgSumber: baking soda (Freepik/chandlervld85)

Tak banyak yang tahu bahwa baking soda mengandung bermacam-macam bahan aktif yang terbukti ampuh menghilangkan noda, termasuk karat loh. Cara menghilangkannya adalah dengan menyikat karat menggunakan baking soda yang sebelumnya sudah dicampur dengan air.

Lakukan penggosokan beberapa kali pada bagian yang berkarat agar memperoleh hasil yang maksimal. Sedikit catatan, penggosokan bagian yang berkarat jangan terlalu kuat agar tidak merusak body motor.

4. Cuka

1617759911-cuka-apel---freepik-rawpixel.jpgSumber: Cuka apel/Freepik by Rawpixel

Cara menghilangkan karat pada motor lainnya adalah dengan menggunakan cuka. Cuka yang digunakan bisa cuka putih maupun apel. Pilih apa saja yang paling mudah didapatkan.

Penggunaan cuka sebagai alat pembersih karat tampaknya akan lebih efektif jika yang dibersihkan memiliki ukuran kecil, seperti baut. Cara membersihkannya tidak perlu digosok-gosok seperti cairan pembersih karat yang sebelumnya. kamu cukup merendamnya semalaman.

Jika sudah direndam semalaman, baru kamu bisa menyikatnya agar karat yang menempel benar-benar luntur dan kemudian bilas sampai bersih. Penyikatannya tidak memerlukan tenaga kuat-kuat karena sudah direndam dalam waktu yang lama. Sangat efektif bukan?

5. Pakai Cairan Soda

1620113201-motor-karat.jpegSumber: Sepeda motor berkarat (Suzuki Indonesia)

Karat pada motor juga bisa dihilangkan menggunakan cairan soda. Caranya dengan membasahi bagian yang berkarat menggunakannya. Setelah itu, gosok-gosok menggunakan aluminium foil sampai semua karat terangkat.

Kemudian, basuhlah menggunakan air sampai benar-benar bersih agar asam dari cairan soda ini tidak menimbulkan efek buruk di kemudian hari. Selain digunakan sebagai cairan pembersih karat, cairan soda juga bisa digunakan untuk membersihkan korosi.

Nah, sebagai pencegahannya, sebaiknya segera cuci motor setelah digunakan hujan-hujanan. Dengan mencuci motor, bagian-bagian yang kotor dan terkena air hujan akan kembali bersih dan karat tidak mudah muncul. Setelah dicuci bersih, jangan lupa mengelap sisa-sisa air yang masih menempel pada bodi motor.

Sisa air tersebut bisa saja membuat bagian motor mengalami korosi jika tidak benar-benar kering. Kemudian, berikan pelumas anti karat pada bagian yang rentan karatan, seperti pada knalpot.

Penggunaan pelumas tersebut mampu meminimalisir resiko motor berkarat. Selain itu ketika memarkir motor, perhatikan juga keadaannya. Sebaiknya motor diberi pelindung agar terlindung dari hujan dan panas. Dengan demikian, bodi motor kamu akan terjaga tampilannya.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait