Hot News

Jakarta - Ada kalanya berhenti mempedulikan semua hal, adalah tindakan yang dapat menolong diri kita sendiri. Tidak berarti bahwa kita jadi orang yang acuh tak acuh pada lingkungan sekitar ya, guys? 

Namun, memikirkan semua hal yang terjadi di sekitar kita, bisa bikin otak dan emosi kita terbebani, loh. Akibatnya, jadi stres sendiri, murung, frustasi, dan nggak happy lagi dalam menjalani hidup.

Karena itu, kamu nggak harus kok mengatasi semua ketidaksempurnaan yang terjadi di dunia ini. Bahkan, untuk hal yang berhubungan dengan dirimu sendiri. Sesekali, nikmati apa yang ada dan jalani hidup apa adanya. Nah, biar kamu selalu happy, cobalah untuk berhenti memusingkan hal-hal ini.

1. Komentar Orang Lain

1596683742-komen-orang.jpgSumber: Freepik

Banyak keputusan kamu tunda-tunda hanya karena khawatir ‘orang bakalan bilang apa’. Ini adalah kehidupan kamu, guys. Jadi, kamu sendirilah yang berhak untuk mengatur jalannya seperti apa. 

Keputusan-keputusan dari masalah kecil hingga masalah besar, seharusnya menjadi pilihanmu sendiri, karena kamu sudah dewasa. Orang akan selalu punya komentar, baik itu positif maupun negatif. 

Orang juga bakalan nge-judge apapun yang kamu lakukan. So, kenapa harus dipedulikan? Selama kamu nggak melanggar norma hukum atau norma sosial, do what you want to do!

2. Kesalahan yang Pernah Kamu Buat

1596683773-kesalahan.jpgSumber: Freepik

Nggak ada orang yang bebas dari kesalahan, guys. Cobalah untuk menerima kenyataan bahwa kamu adalah bagian dari ketidaksempurnaan, sehingga juga tak luput dari kesalahan. 

Yang penting adalah apa yang kamu lakukan untuk belajar dari kesalahan itu dan memperbaiki masa depanmu. Jadi, tinggalkan kesalahan-kesalahan masa lalu kamu, maafkan dirimu sendiri, dan majulah dengan lebih baik.

3. Sesuatu yang Tidak Bisa Kamu Miliki

1596683794-sesuatu-yg-gak-bisa-dimiliki.jpgSumber: Freepik

Saat kamu berfokus pada apa yang tidak kamu punyai, kamu akan terus merasa berkekurangan. Baik harta, kekayaan, jabatan, kesuksesan, hingga jodoh, semua sudah diatur buat kamu sesuai dengan porsimu. Karena itu, berfokuslah pada apa yang sudah kamu miliki. 

Bersyukur atas hal-hal kecil yang ada dan buatlah dirimu merasa ‘kaya’. Katanya, sikap positif seperti ini justru akan mendatangkan lebih banyak kemakmuran ketimbang bersungut-sungut meratapi apa yang tidak bisa kamu dapatkan.

4. Berandai-andai

1596683821-andai2.jpgSumber: Freepik

Ketidakpastian tentang masa depan dan apa yang bakal terjadi dengan hidup kita, seringkali bikin kita merasa khawatir dan dipenuhi kecemasan. Kalau sudah begini, akan muncul pikiran berandai-andai, biasanya negatif, seperti ‘gimana kalau nanti situasi makin memburuk’, ‘apa yang akan aku lakukan kalau aku harus hidup sendiri’, dan masih banyak lagi. 

Kekhawatiran semacam ini bakal menguras energi dan bikin kamu nggak fokus pada tujuan hidupmu. Lebih baik, berusaha melakukan yang terbaik dan siapa tahu, masalah justru akan selesai dengan sendirinya.

5. Standar Umum

1596683854-happy.jpgSumber: Freepik

Seiring banyaknya informasi yang beredar melalui media sosial, kita dibanjiri oleh berbagai gambaran yang dianggap oleh kebanyakan orang sebagai sesuatu yang ideal. Seperti standar kekayaan, kesuksesan, kebahagiaan, rumah tangga yang ideal, sosok pendamping yang cocok, dan lain-lain. 

Secara tidak sadar, kita pun jadi membandingkan diri sendiri dengan orang lain. Kita jadi mempercayai bahwa apa yang ada dipahami banyak orang sebagai standar, juga mesti diterapkan buat diri kita. 

Padahal, jalan hidup dan kondisi tiap orang berbeda, guys. Belum tentu juga yang bikin orang lain bahagia, bakal bikin kamu bahagia. Karena itu, cintai dirimu sendiri dan hargai pencapaian yang sudah kamu dapatkan. Menerima diri sendiri apa adanya adalah kebahagiaan yang sejati.

 


Loading ..