beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URnews

Bima Arya Wajibkan ASN Bogor Pakai Baju Produk Lokal Tiap Selasa

Anisa Kurniasih,
2 Juni 2022 13.46.21 | Waktu baca 2 menit
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Bima Arya Wajibkan ASN Bogor Pakai Baju Produk Lokal Tiap Selasa
Image: Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto (Instagram/bimaaryasugiarto)

Jakarta - Wali Kota Bagor Bima Arya mengeluarkan kebijakan baru untuk seluruh aparatur sipil negara (ASN) terkait baju kerja.

Lewat akun Twitternya, Bima Arya mengatakan, setiap hari selasa ASN Kota Bogor wajib pakai produk pakaian kasual dari merek lokal.  Hal tersebut berdasarkan Peraturan Walikota No 30 tahun 2022 mengenai Pakaian Dinas ASN. 

“Peraturan Walikota Nomor 30 tahun 2022 mengenai pakaian dinas ASN sudah disahkan. Setiap hari selasa ASN Kota Bogor wajib menggunakan produk pakaian kasual dari merk lokal,” tulis Bima Arya di akun twitter pribadinya, Rabu (1/6/2022).

Dalam aturan ini Bima berharap, ASN dapat menjadi motor kebangkitan ekonomi pasca pandemi, menurutnya jumlah ASN Pemkot Bogor yang mencapai 6.980 orang ini bukanlah jumlah yang sedikit untuk memberikan kontribusi tersebut.

“Kalau semua ASN belanja produk lokal dari distro-distro yang ada di Kota Bogor, maka akan ada perputaran uang Rp 3,5 miliar. Saya tadi tanya random, mereka minimal membelanjakan Rp 500.000. Di Kota Bogor ini ada sekitar 6.980 ASN,” ungkap Bima, mengutip laman resmi Pemkot Bogor.

Baca Juga: Holywings Bogor Buka, Bima Arya Haruskan Jual Bandrek dan Bajigur

Tidak itu saja, setiap Kamis ASN juga diwajibkan mengenakan pakaian dinas tradisional Sunda atau pangsi. Kemudian Jumat mengenakan batik atau etnik. Bima juga ingin langkah yang baik bagi recovery economic ini bisa didorong menjadi kebijakan yang lebih besar lagi agar berdampak luar biasa.

"ASN harus jadi kekuatan yang paling depan untuk membangkitkan kebanggan lokal. Kita mulai di Kota Bogor. Tapi nanti dorong juga di APEKSI. Ada 98 kota di APEKSI, ada 4 juta ASN di seluruh Indonesia, kalau ada kebijakan serentak seperti ini dahsyat untuk kebangkitan UMKM," tandasnya.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait