Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URnews

Black Box Pesawat Rimbun Air Ditemukan Tak Jauh dari Lokasi Jatuh

Anisa Kurniasih,
sekitar 1 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Black Box Pesawat Rimbun Air Ditemukan Tak Jauh dari Lokasi Jatuh
Image: Personel SAR Timika menurunkan jenazah tiga awak pesawat Rumbun Air PK OTW (ANTARA/SAR Timika)

Jakarta - Black box pesawat Rimbun Air yang jatuh di atas Gunung Wabu, Intan Jaya, Papua berhasil ditemukan Tim SAR gabungan  pada Rabu (15/9/2021) malam. Kotak hitam  tersebut telah dievakuasi beserta 3 jenazah kru pesawat.

"Pada hari Kamis tanggal 16 September 2021, pukul 04.20 WIT, tim gabungan berhasil menemukan black box dan signal pemancar Pesawat Rimbun Air PK-OTW," terang Kabid Humas Polda Papua Kombes Ahmad Mustofa Kamal dalam siaran persnya, Kamis (16/9/2021).

Masih dari keterangan Kamal, Tim Basarnas melakukan patroli udara usai cuaca bagus dan melihat pesawat Rimbun Air PK-OTW yang jatuh di Bukit Kampung Bilogai Distrik Sugapa,  Kabupaten Intan Jaya, Papua, sekitar pukul 11.00 WIT.

"Kemudian pukul 11.30 WIT, tim gabungan TNI-Polri, Basarnas, dan pemuda gereja menuju ke lokasi jatuhnya pesawat PK-OTW guna mengevakuasi para korban," ungkapnya.

Sementara itu, jenazah para awak pesawat Rimbun Air antara lain, Pilot Hj Mirza , pilot Fajar dan teknisi Iswahyudi telah dievakuasi ke Timika dengan pesawat Rimbun Air PK OTJ.

Selanjutnya, anggota Basarnas Timika langsung memindahkan jenazah ketiga korban yang sudah dimasukkan dalam kantong jenazah ke mobil ambulans milik Rumkitban TNI AD, TNI AL dan TNI AU.

Kepala Kantor SAR Timika George Mercy L Randang menuturkan jenazah ketiga awak pesawat Rimbun Air PK OTW itu segera diserahkan ke pihak maskapai penerbangan mewakili keluarga korban.

"Tadi malam Tim SAR gabungan bergerak menuju lokasi kecelakaan pesawat Rimbun Air dan berhasil membuka badan pesawat di bagian ekor untuk mengeluarkan kotak hitam,”ujar Mercy.

“Tim sudah kembali ke Posko di Sugapa dan rencananya siang ini kotak hitam akan dibawa ke Timika. Selanjutnya kotak hitam itu akan diamankan sementara di Kantor Basarnas Timika atau Pangkalan TNI AU Yohanes Kapiyau Timika untuk nantinya akan kami serah terimakan ke KNKT yang akan segera tiba di Timika," kata dia.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait