Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URsport

Breaking News! Valentino Rossi Pensiun

Rezki Maulana,
4 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Breaking News! Valentino Rossi Pensiun
Image: Valentino Rossi (Twitter @MoreaGustavo)

Spielberg - MotoGP 2021 akan jadi musim terakhir Valentino Rossi beraksi di atas motor balapnya. Sebab, Rossi akan pensiun saat musim ini tuntas. Ciao, Rossi!

Pengumuman pensiunnya Rossi itu dilakukan dalam jumpa pers khusus jelang MotoGP Styria, Kamis (5/8/2021) malam WIB. Jumpa pers tersebut dilakukan oleh Dorna di sirkuit Red Bull Ring di Spielberg.

Rossi akhirnya menyudahi 26 tahun kariernya di MotoGP. Boleh jadi Rossi sudah merasa cukup dengan petualangannya sebagai pebalap MotoGP, terlebih kariernya memang sudah menurun drastis dalam lima tahun terakhir.

Di paruh pertama musim ini, Rossi yang kini membalap bareng Petronas Yamaha cuma berada di posisi ke-19 klasemen dengan 17 poin. Posisi terbaik Rossi adalah finis ke-10 di balapan MotoGP Italia dan bahkan tiga kali gagal finis.

Oleh karenanya, Rossi merasa dia tidak bisa lagi bersaing dan gantung helm adalah keputusan terbaik.

"Saya sudah bilang akan mengambil keputusan soal musim depan setelah jeda musim ini, saya putuskan pensiun akhir musim ini," ujar Rossi di situs resmi MotoGP.

"Sayangnya ini jadi paruh kedua musim terakhir saya sebagai rider MotoGP. Ini sulit, momen yang sangat menyedihkan karena harus mengatakan ini, bahwa saya tidak akan membalap lagi. Saya sudah membalap sekitar 30 tahun!," sambungnya.

"Tahun depan hidup saya akan berubah. Tapi menyenangkan, saya akan coba menikmatinya. Sebuah perjalanan panjang dan sangat-sangat menyenangkan. Sekitar 25, 26 tahun lah di kejuaraan dunia, hebat juga ya. Saya melalui banyak momen tak terlupakan bersama kalian semua, mereka yang bekerja bareng saya.. Jadi saya tidak harus bilang apa-apa lagi! Cuma ini."

Valentino Rossi bisa dibilang adalah ikon MotoGP dengan sejarah panjang di olahraga ini. Sejak debut di kelas 125cc pada 1996, Rossi sudah mengoleksi sembilan gelar juara dunia, termasuk tujuh di kelas MotoGP/500cc.

Rossi memulai debut bareng Honda di MotoGP pada tahun 2000 dengan total 89 kemenangan dari 363 kali balapan. Dia naik podium 199 kali dengan torehan 55 kali pole position. Musim terbaiknya adalah saat menguasai MotoGP sedari 2001 hingga 2005.

Gelar juara dunia terakhir diraih pada 2009 dan setelah itu Rossi kesulitan bersaing. Kemenangan terakhirnya di MotoGP bahkan diraih pada balapan di Belanda 2017.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait