beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URguide

Bukan Hanya Olahraga, Ternyata Hiking Punya Manfaat Tak Terduga

Alfian Muntahanatul Ulya,
sekitar 2 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Bukan Hanya Olahraga, Ternyata Hiking Punya Manfaat Tak Terduga
Image: ilustrasi hiking atau mendaki gunung (foto: Pexels)

Jakarta - Hiking atau mendaki memang salah satu kegiatan yang dikenal ekstrem namun menyenangkan. Meski menguras tenaga dengan medan sulit yang harus dilalui, namun selama perjalanan akan terbayar dengan keindahan alam dan udara segar yang menemani sepanjang jalur.

Tapi tahu ngga sih, kalau kegiatan ini ternyata memiliki segudang manfaat yang tak terduga. Baik untuk kondisi mental maupun fisik. Namun tentu saja dengan catatan bahwa tidak boleh melakukannya secara sembarangan, atau bahkan tanpa pendampingan orang yang profesional di bidang ini.

Berikut adalah beberapa manfaat yang kamu perlu ketahui sebelum memanfaatkan untuk terjun langsung ke alam melakukan pendakian.

1. Mengurangi Stres

Mendaki gunung ini bisa menjadi salah satu opsi ketika kamu mulai jenuh dengan padatnya aktivitas sehari-hari. Meluangkan waktu untuk melakukan kegiatan ini adalah salah satu cara untuk mengurangi stres akibat beban hidup yang tengah dirasakan.

Pemandangan indah yang ditawarkan saat pendakian bisa membantumu menghilangkan segala kepenatan pekerjaan maupun kuliah. Alam memberikan efek menenangkan pada otak kita, sehingga tak heran jika selama perjalanan mendaki kamu akan merasakan kedamaian yang tidak kamu peroleh di rumah maupun tempat kerja.

Selain itu menurut penelitian, berjalan dengan durasi yang cukup panjang nyatanya bisa meningkatkan kadar kebahagiaan dibandingkan melakukannya di treadmill. Bonusnya, kegiatan ini juga bisa jadi sarana untuk berolahraga sejenak.

2. Membuat Daya Ingat Lebih Kuat

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh University of Michigan mengungkapkan bahwa siswa yang teratur pergi jalan-jalan ke alam memiliki waktu yang lebih panjang dalam menyimpan informasi.

Tentu ini menjadi aktivitas yang berdampak baik pada kesehatan otak. Mendaki membutuhkan ketepatan insting untuk mengingat dan ketepatan emosi yang harus dikelola dengan baik, sehingga bisa membuat daya ingatmu lebih kuat dan semakin tajam.

3. Meningkatkan Kebahagiaan

Menghabiskan waktu di alam bisa meningkatkan kesejahteraan mental, karena mempengaruhi kondisi mood seseorang. Udara segar dan pemandangan indah yang disuguhkan oleh alam mampu membuatmu merasa lebih tenang dan bisa memaknai rasa tenang itu sendiri.

Kebahagiaan itu juga bisa tercipta karena obrolan-obrolan ringan bersama teman yang menemani perjalanan mendaki gunung. Hal yang mungkin akan sulit dilakukan ketika kamu dan teman kembali dalam kesibukan masing-masing.

4. Meningkatkan Kesehatan Jantung dan Paru-Paru

Manfaat fisik dari mendaki gunung yang bisa dirasakan yakni peningkatan kerja organ jantung dan paru-paru. Perjalanan panjang selama pendakian akan membuat kerja jantung dan paru-paru lebih berat dari aktivitas yang biasa kamu lakukan.

Namun, karena hal itu, nyatanya bisa memperkecil seseorang mengalami risiko penyakit jantung dan stroke. Suplai oksigen dan peredaran darah dalam tubuh akan meningkat. Udara pegunungan yang jauh dari polusi buruk juga menambah dampak positif untuk kesehatan tubuh.

5. Membuat Tulang Lebih Padat

Banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk membuat tulangmu menjadi lebih kuat dan padat, salah satunya dengan aktivitas mendaki ini. Perjalanan kaki yang cukup panjang dengan kontur tanah yang berbeda bisa melatih otot tulangmu bekerja lebih maksimal.

Selain itu, kamu juga bisa menikmati sinar matahari pagi ketika menyaksikan sunrise dari atas gunung yang berfungsi menambah suplai vitamin D untuk pertumbuhan dan kesehatan tulang.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait