beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URstyle

Ingin Coba Hobi Solo Hiking? Jangan Lupakan 5 Hal Ini!

Rasya Azzahra,
22 Maret 2022 15.53.08 | Waktu baca 3 menit
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Ingin Coba Hobi Solo Hiking? Jangan Lupakan 5 Hal Ini!
Image: Ilustrasi mendaki (Freepik/jcomp)

Jakarta – Mendaki gunung sendirian atau solo hiking menjadi salah satu hobi yang disukai beberapa orang, karena keindahan gunung dengan alam di sekitarnya.  Berbeda dengan berkelompok, solo hiking membuat waktumu menjadi lebih fleksibel dan bisa menikmati pemandangan lebih tenang dan intim.

Namun, perlu diperhatikan solo hiking memiliki risiko yang tinggi karena kamu harus membawa segala semua kebutuhan secara mandiri termasuk keselamatan diri sendiri.

Nah, agar solo hiking tetap berjalan lancar dan aman, kamu perlu tahu hal apa saja yang harus dipersiapkan loh. Kira-kira apa aja sih? simak penjelasannya berikut ini!

1. Riset Lokasi Gunung

1600755128-mendaki-gunung.jpgSumber: Ilustrasi mendaki gunung (Freepik)

Hal pertama yang wajib kamu lakukan adalah dengan melakukan riset atau mencari informasi terkait gunung yang ingin didaki. Pengetahuan mendalam terkait lokasi gunung yang dituju akan memudahkan kamu ketika solo hiking nanti.

Selain itu, pastikan gunung yang kamu pilih memperbolehkan pendakian mandiri, karena ada beberapa lokasi gunung yang melarang solo hiking karena alasan keamanan dan keselamatan. Dengan melakukan riset, kamu juga bisa tahu pos mana saja yang bisa digunakan untuk membangun tenda, letak area berbahaya, serta sumber air berada.

2. Siapkan Perlengkapan Mendaki

1647939378-Cek-cuaca-lokasi-pendakian-(Freepikjcomp).jpegSumber: Ilustrasi mendaki (Freepik/jcomp)

Perlengkapan mendaki merupakan hal penting dan tidak boleh terlewatkan. Siapkan barang-barang pendakian yang akan dibawa. Karena kamu mendaki secara mandiri, maka pastikan barang dibawa tidak terlalu banyak, seperlunya saja.

Siapkan barang-barang mulai dari minuman dan makanan cadangan, baju cadangan dan jas hujan, matras dan sleeping bag, serta perlengkapan serba guna seperti pisau, korek api, dan lainnya.

Selain perlengkapan, persiapan fisik juga jangan dilupakan. Mendaki adalah aktivitas yang menguras kinerja fisik yang tinggi, sehingga persiapan yang matang. Lakukanlah olahraga seperti jogging, fitness atau workout maksimal satu minggu sebelum pendakian agar kondisi tubuh kuat.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait