beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URstyle

Busana Iriana Jokowi saat Dampingi Para First Ladies G20

Fitri Nursaniyah,
16 November 2022 18.21.24 | Waktu baca 2 menit
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Busana Iriana Jokowi saat Dampingi Para First Ladies G20
Image: Iriana Jokowi saat memperkenalkan kearifan lokal kepada first ladies G20 di Bali. (Biro Pers Sekretariat Presiden/Lukas)

Jakarta - Para pendamping petinggi negara di Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Nusa Dua Bali, menjadi perhatian.

Pendamping Presiden Korea Selatan, Madam Kim Keon Hee contohnya. Wajahnya yang terlihat awet muda di usia yang tak lagi muda jadi perbincangan hangat netizen di media sosial. Banyak yang bilang, skincare Korea manjur buat menahan penuaan.

Ibu Negara kita, Iriana Joko Widodo juga nggak kalah mencuri perhatian, Guys. Sejak KTT G20 berlangsung pada Selasa (15/11/2022), video Iriana menjamu para pendamping pemimpin negara-negara G20 mulai bertebaran di media sosial.

Dalam kegiatan terbarunya memperlihatkan kearifan lokal pada para 'first ladies', Iriana tampil anggun mengenakan pakaian Nusantara yang dipadupadankan dengan kain tenun Bali.

1668511262-WhatsApp-Image-2022-11-15-at-6.19.08-PM.jpegSumber: Iriana Jokowi saat memperkenalkan kearifan lokal kepada first ladies G20 di Bali. (Biro Pers Sekretariat Presiden/Lukas)

Busana Nusantara dan hijab yang dikenakan Iriana memiliki aksen pink yang cocok ketika dipadupadankan dengan tenun Bali ungu sebagai bawahan. Terdapat brukat bermotif dedaunan dan bunga sebagai detail cantik dari busana Ibu Negara.

Diketahui, Bali memiliki beberapa jenis kain tenun khas yang biasanya dipakai untuk acara tertentu. Beberapa kain tenun khas Bali di antaranya Endek, Gringsing, Rangrang, Poleng, dan Prada.

Kain tenun Endek adalah salah satu yang paling populer karena pernah dipamerkan oleh Dior di Paris Fashion Week 2020. Kain Endek merupakan kain tenun khas Bali yang ramai diproduksi di Desa Sidemen, Karangasem.

Menilik kain tenun yang dipakai Iriana, terdapat motif simetris pada bagian ujung kain yang mengingatkan pada kain Rangrang. Kain jenis ini memiliki motif simetris dan biasanya diproduksi dengan warna cerah. Rupanya, kain ini terinspirasi dari pegunungan dan perbukitan di wilayah Bali. Kain jenis ini ramai diproduksi di wilayah Nusa Penida.  

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait