Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URoto

Canggih! BMW iX Flow Bisa Berubah Warna

Anisa Kurniasih,
6 hari yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Canggih! BMW iX Flow Bisa Berubah Warna
Image: BMW iX Flow (BMWblog.com)

Jakarta - Produsen mobil Jerman BMW memamerkan mobil konsep BMW iX Flow yang bisa berubah warna secara instan, guys. Mobil yang dipamerkan  di ajang tahunan Consumer Electronics Show (CES) 2022 Flow ini dibekali teknologi unik bernama ‘E Ink’. 

Teknologi itulah yang memungkinkan warna eksterior mobil berubah dari hitam ke putih atau sebaliknya. 

Selain bodi mobil, teknologi ini juga disematkan di pelek BMW iX Flow, sehingga bagian tersebut juga bisa berganti warna.

Nah, bagaimana cara kerja teknologi ini? 

E Ink ialah teknologi tinta elektronik yang biasa ditemukan di e-reader untuk mengubah eksterior mobil menjadi berbagai pola dalam warna abu-abu dan putih.

"Proyek ini kami mulai dari memikirkan bagaimana teknologi eReader ini disematkan ke mobil kami," kata Project Lead BMW iX Flow, Stella Clarke dikutip BMWBlog.com, Selasa (11/1/2022).

1641899706-BMW-iX-Flow-Featuring-E-Ink-5-of-24.jpegSumber: BMW iX Flow (BMWblog.com)

"Bahkan awalnya kami hanya menempelkan dua bidang persegi di pintu mobil, dan dua bidang lingkaran di pelek ban mobil, dan ternyata kami berhasil membuatnya berganti warna. Dari sana, kami terus melakukan pengembangan," imbuh Clarke. 

Ia menjelaskan, secara teknis, teknologi warna yang berubah tersebut mengandalkan kapsul-kapsul elektrik kecil yang berwarna hitam dan putih, yang lantas disematkan BMW ke seluruh ‘kulit’  iX Flow. Agar bisa menyala dan berganti warna, kulit mobil tersebut dipasok aliran listrik berdaya rendah.

Clarke juga mengatakan fitur ini bisa diaktifkan ketika mobil sedang dikendarai. Di CES 2022 sendiri, mobil tersebut dipamerkan dan terparkir di sebuah venue, dengan fitur E Ink menyala dan mobil berganti warna dari hitam ke putih dan sebaliknya. 

Terkait warna, Clarke mengatakan bahwa teknologi perubahan warna di mobil BMW sendiri sebenarnya bisa dikembangkan, agar bisa memiliki variasi warna yang lebih beragam.

Menurut Clarke, penggantian warna selain hitam dan putih akan melibatkan kapsul-kapsul kecil berwarna lain yang disematkan ke permukaan kulit mobil.  Bahkan, Clarke mengklaim pihaknya bisa menyematkan hingga empat jenis warna, sehingga mobil memiliki empat variasi warna yang bisa digonta-ganti sesuai selera pengguna. 

"Teknologi ini memungkinkan kami bisa menyematkan lebih banyak kapsul warna ke dalam mobil kami. Alhasil, pengguna bisa mengkombinasikan warna favorit pengguna dalam mobil BMW kami," ungkap Clarke. 

Clarke juga turut mengatakan bahwa teknologi ini bisa saja disematkan di mobil BMW lain. Namun, BMW masih fokus menyematkan teknolgi tersebut khusus untuk BMW iX Flow.  Untuk saat ini BMW baru sebatas memperkenalkan teknologi tersebut. 

"Tentu saja teknologi ini bisa disematkan ke mobil BMW lainnya, namun untuk saat ini BMW iX Flow merupakan satu-satunya mobil yang cocok untuk teknologi tersebut," pungkas Clarke.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait